JATINANGOR – Dalam rangka rangkaian Jatinangor Communication Festival, Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia bekerjasama dengan BEM Fikom Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Diskusi Aktualisasi Nilai – Nilai Pancasila Dalam Dunia Kampus yang ditujukan bagi mahasiswa – mahasiswa komunikasi se Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2017 di Ruang Oemi Abdurrahman Fikom Universitas Padjadjaran dan diisi dengan narasumber – narasumber handal yaitu Prabowo Eka selaku Direktur Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kemendagri, Yudi Latif selaku Tim Perumus Unit Kerja Presiden Bidang pemantapan Ideologi Pancasila, dan Dadang Rahmat Hidayat selaku Dekan Fikom Unpad.

Kegiatan diskusi ini termasuk bagian dari rangkaian pertama Jatinangor Communication Festival. Diskusi yang membahas mengenai Pancasila sebagai  dasar filasafat Negara Republik Indonesia yang secara resmi disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1997 dan tercantum dalam pembukuan UUD 1945 diundangkan dalam berita Republik Indonesia tahun II No. 7 bersama – sama dengan batang tubuh UUD 1945. Selain itu, diskusi ini juga membahas mengenai Pancasila sebagai paradigma pembangunan diberbagai bidang yaitu iptek, sosbudhankam, politik, ekonomi, agama dan bagaimana pengaktualisasi nilai – nilai dalam dunia kampus.

Aktualisasi Pancasila adalah bagaimana nilai – nilai Pancasila dapat tercermin dalam sikap dan perilaku seluruh warga Negara mulai dari aparatur dan pimpinan nasional sampai kepada rakyat biasa. Nilai–nilai Pancasila yang bersumber pada hakikat Pancasila adalah bersifat universal, tetap, dan tak berubah.

Sekitar 100 orang hadir dalam diskusi ini, yang berasal dari mahasiswa–mahasiswa komunikasi se-Universitas di Jawa Barat. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Fikom Unpad, Imiki, serta sponsor dan media partner. (Meilianti Rona Asmara)