JATINANGOR – Bagian dari rutinitas setiap tahun ajaran baru di Fikom Unpad adalah kegiatan open house, yaitu mengundang orang tua mahasiwa baru Fikom Unpad untuk diberikan sosialisasi sejumlah informasi umum terkait Fikom Unpad dari para pimpinan fakultas. Mengawali tahun ajaran baru 2017/2018, kegiatan Open House diadakan pada Jumat (18/8/2017), bertempat di lapangan futsal Fikom Unpad yang terletak di samping gedung Pascasarjana. Sekitar 700-an orang tua maba diundang untuk menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam acara yang dikemas secara semi-formal ini, para orang tua terlebih dahulu dihibur penampilan dari Komunitas Musik Fikom sebelum memasuki acara pokok di awal acara. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Dekan Fikom Unpad Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., SH., M.Si., didampingi oleh Wakil Dekan 2, Dr. Edwin Rizal, S.Sos., M.Si., dan dipandu oleh Manajer Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Inovasi, dan kerja Sama, Trie Damayanti, S.Sos., M.Si. selaku MC acara.

Informasi-informasi yang disampaikan oleh pimpinan fakultas adalah sejumlah informasi umum yang perlu diketahui oleh orang tua maba, khususnya informasi terkait administrasi akademik para mahasiswa, seperti sistem informasi akademik daring melalui akun students.unpad.ac.id, prestasi akademik, beasiswa dan biaya perkuliahan, aktivitas perkuliahan, dan lain-lain.

Informasi yang paling mengundang perhatian dari orang tua adalah terkait program akselerasi pendidikan Fikom Unpad yang dijanjikan oleh Dekan Fikom Unpad, yang memungkinkan mahasiswa lulus dalam tempo yang cepat, 3,5 tahun.

Di sela-sela presentasi Dekan, Alumni Fikom Unpad angkatan ’97 yang lebih dikenal sebagai komika (stand up comedian) dan bintang film, Soleh Solihun, diundang untuk sedikit berbagi kepada orang tua maba tentang pengalamannya selama berkuliah di Fikom Unpad. Soleh, sedang berada di sekitar kampus Fikom Unpad dalam rangka proses syuting film “Mau Jadi Apa” yang akan ditayangkan pada November 2017 ini.

“Biarkan saja putra-putri Bapak-Ibu menikmati kampus. Kalau senang nongkrong-nongkrong dan berkegiatan di kampus, biarkan saja, itu adalah proses eksplorasi dan pencarian jati diri mahasiswa,” demikian ujar Soleh memberi saran kepada para orang tua maba 2017. * (SL)