RIAU – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau menggelar kuliah umum. Sebagai narasumber Dekan Fikom Universitas Pajajaran (Unpad) Bandung Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., SH., M.Si. menyajikan kuliah umum dengan tema Prospek dan Tantangan Ilmu Komunikasi ke depan.

Dalam pemaparannya Dadang Rahmat Hidayat menyemangati 300-an Mahasiswa Fikom Umri untuk siap bersaing di era digital.

“Perkembangan teknologi saat ini telah mengakibatkan banyak perubahan di bidang komunikasi. Diantaranya pola penggunaan media komunikasi dari konvensional mengarah ke digital. Akibatnya peluang kerja konvensional belum tentu selalu tersedia. Solusinya harus ada transformasi pembelajaran yang berbasis TIK, Leadership, kemandirian dan entrepreneurship,” kata Dadang Rahmat, Sabtu (3/3/18)

Dadang yang juga ketua Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indonesia (ISKI) memaparkan masalah sosial, kerusakan lingkungan dan konflik sosial di tengah-tengah masyarakat.

“Masalah sosial, kerusakan lingkungan dan konflik sosial bisa jadi disebabkan karena masalah komunikasi. Karena itu kita harus menjadi bagian yang menyelesaikan masalah melalui pendekatan komunikasi,” ujarnya lagi.

Dalam kuliah umum ini dihadiri Dekan Fikom Umri Jupendri, S.Sos., M.I.Kom, Wakil Dekan Jayus S.Sos., M.IKom, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Desliana Dwita S.IP., M.I.Kom, beberapa orang dosen dan sekitar 300-an mahasiswa.

Sesi kuliah umum kemudian diakhiri dengan penandatanganan MoU antara Fikom Umri dengan Fikom Unpad yang diwakili oleh dekan masing-masing. Dekan Fikom Umri Jupendri mengatakan bahwa penandatanganan MoU ini meliputi aspek pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Jalinan kerjasama ini sangat penting untuk Fikom Umri, mengingat Fikom Unpad merupakan salah satu kiblat perkembangan ilmu komunikasi di Indonesia,” ujarnya.***(mok) (Berita asli dapat dibaca di laman http://m.riauterkini.com/isi.php?arr=131021&judul=-Undang-Dekan-Fikom-Unpad-Fikom-Umri-Gelar-Kuliah-Umum-Tantangan-Komunikasi-Masa-Depan)