YOGYAKARTA – Fikom Unpad kembali menambah daftar prestasi di ajang nasional, kali ini kabar baik datang dari ajang lomba tingka nasional Communication Interest Festival (Comminfest) yang diselenggarakan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Pada malam penghargaan Comminfest yang diadakan pada 5 Mei 2018 di Auditorium Kampus II Universitas Atma Jaya Yogyakarta, kontingen Fikom Unpad berhasil meraih empat penghargaan bergengsi.

Fikom Unpad meraih juara pertama cabang lomba Radio Announcer Competition (RAC) oleh Dian Fauzi (Ilkom 2015) dan Revita Febriyani (Mankom 2015), penghargaan Gold oleh tim Kuring Kasarung dan Bronze oleh tim Vision Makers di cabang lomba Lumens, dan juara tiga oleh tim PRATAMA di cabang lomba The PRime. Comminfest sendiri merupakan kompetisi tahunan di bidang Ilmu Komunikasi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMPS Kom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) bersama Kelompok Profesi / Konsentrasi Studi (KPKS) dan Atma Jaya Radio (AJR). Comminfest terbuka bagi seluruh mahasiswa di Indonesia yang tertarik dalam bidang Ilmu Komunikasi. Ajang ini menampilkan enam mata lomba, yaitu The Prime (Komunikasi CSR Public Relations), Radio Announcer Competition (Siaran Radio), Artriwara (Teras Pers), Lumens Award (Advertising), dan Broaday (Video Blog dan News Presenter).

Comminfest tahun ini mengangkat tema “Bridging The Diversity: Empowering Society in Digital Era”. Tema tersebut dipilih sebagai wujud antusiasme Indonesia dalam memasuki era digital. Tema tersebut menjadi acuan para peserta dalam berlomba. Mata lomba tersebut antara lain Broaday yaitu Feature Video Competition, Prime yaitu kompetisi di bidang Public Relations, Artriwara yaitu Writing Competition, Lumens yaitu kompetisi bidang advertising, dan RAC (Radio Announcer Competition) yaitu kompetisi bidang penyiaran radio. Kelima mata acara memiliki dua kegiatan: lomba dan workshop, kecuali Prime dengan kegiatan Gala Dinner.

Tahun ini, Fikom Unpad mengirimkan 19 orang delegasi untuk mata lomba The Prime, Radio Announcer Competition, Lumens, dan Broaday. Delegasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran mengisi empat dari lima mata lomba tersebut. Finalis mempresentasikan karya setiap mata lomba yang diikuti pada rangkaian acara 4 dan 5 Mei 2018 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pada malam penghargaan Comminfest yang diadakan pada 5 Mei 2018 di Aula Universitas Atma Jaya Yogyakarta, tim Unpad meraih 4 penghargaan yaitu: Juara 1 Radio Announcer Competition (Revita dan Dian), Juara 1 Lumens (Tim Kuring Kasarung), Juara 3 Lumens (Tim Vision Makers) dan Juara 3 Prime (Tim Pratama). (Gwyneth Goldita & Kominfo BEM)