JATINANGOR – Kompas bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dalam mengadakan sebuah seminar yang bertajuk Kompas Saba Kampus ‘Peran Generasi Milenial Terhadap Industri Media yang Kekinian’ pada Kamis (6/9/2018), bertempat di ruang Moestopo Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Acara diawali dengan sambutan dari Manajer Akademik dan Kemahasiswaan Fikom Unpad, Agus Setiaman S.Sos, M.Ikom., ia menyampaikan bahwa ini saatnya bagi mahasiswa Fikom Unpad untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya, manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-sebaiknya.

Pembicara pertama, Sutta Darmasaputra Deputy Managing Editor dari Kompas mengenai tantangan industri media dalam mempertahankan kredibilitas di Revolusi Industri 4.0. Dimana ia menjelaskan bahwa ada banyak lapangan pekerjaan di bidang media yang dapat tergantikan oleh sistem digital. Hal seperti jurnalisme robot menjadi tantangan para jurnalis di masa depan. Menurut data, 52,6 juta lapangan pekerjaan berpotensi digantikan sistem digital.

Ayu Kartika IL, selaku HRD manager Kompas, melanjutkan tentang Organisasi Dalam Tantangan Perubahan (Revolusi 4.0). Ia menyarankan bahwa pelamar harus mempunyai kompetensi yang baik, seperti kritis dan softskill lainnya adalah segalanya.

Pada pembicara ketiga, Eko Prabowo, selaku Product Marketing Manager, ia membahas mengenai model bisnis Kompas yang mengedepankan praktik Jurnalisme dibandingkan dengan bisnis korporasi pada umumnya. Model bisnis Kompas yang saat ini menjadi sistem digital subscription.

Seminar ditutup dengan Pembicara terakhir diisi oleh Dosen Fikom Unpad, Pandan Yudhapramesti, yang membahas mengenai industri media dari perspektif milenial. (Basith Patria)