Dr. Ronny Adhikarya kembali mengadakan kuliah umum di Ruang Auditorium Gedung Pascasarjana Fikom Unpad pada Rabu, 13 Maret 2019.  Kali ini beliau datang dengan tema yang berbeda, yaitu Reinvention and “Locus4GlobOption”: Best Practices of Asian Communipreneurs in Al-Disruption Era. Tema ini diusung karena dunia saat ini tengah mengalami disrupsi besar-besaran. Hadir juga dalam kesempatan ini Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si untuk membuka acara kuliah umum.

Ini merupakan kali ke-2 Dr. Ronny Adhikarya hadir di Fikom, setelah tahun 2016 lalu. Tema Reinvention dipilih pada kuliah umum kali ini untuk menggambarkan proses adaptasi inovasi dari berbagai negara yang kemudian diadaptasi dan disesuaikan dengan kearifan lokal. Sedangkan “Locus4GlobOption” merupakan akronim dari “local success for global adoption”. Jika Revolusi Industri 4.0 berfokus pada Internet of Things (IoT), Society 5.0 berfokus pada manusia yang mengontrol teknologi bukan yang diperbudak teknologi. “Saat ini bukan lagi soal Revolusi Industri 4.0, melainkan sudah era Society 5.0,” ujar Dr. Ronny. Menurut alumni Fakultas Publisistik (sekarang Fikom) Unpad angkatan tahun 1968 ini, salah satu cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan mengadaptasi kearifan lokal yang kemudian diimplementasikan dalam level global.

Doktor komunikasi lulusan  USA kedua dari Indonesia setelah Prof. Alwi Dahlan ini mengatakan, bahwa lembaga pendidikan kini perlu menyiapkan insan-insan yang tidak hanya siap kerja, namun juga siap membuka lapangan pekerjaan. Karena perubahan saat ini telah menciptakan Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR) yang menjadikan robot akan menggantikan pekerjaan rutin manusia secara lebih efisien dan lebih efektif. Disinilah manusia harus bisa berkolaborasi dengan teknologi, bukan bersaing dengan teknologi. Kehadiran Dr. Ronny Adhikarya sebagai praktisi komunikasi dunia, memang tepat untuk membuka pandangan mahasiswa dan para dosen di Fikom Unpad mengenai fenomena komunikasi yang terjadi di dunia.

“Jadi, apakah kalian siap menjadi bagian dari perubahan ini? Apakah kalian siap menjadi orang yang luar biasa?” tanya Dr Ronny menutup kuliah umum siang itu. (TIH)