Jatinangor (15/05/2019). Padjadjaran Ramadhan Festival 2019 (PARAFEST) dengan tema “Semarak Ramadhan di Jatinangor” merupakan sebuah acara yang terdiri dari kegiatan charity, food festival, tausiyah, serta hiburan. Kegiatan yang diadakan oleh Mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini dilaksanakan di Lapangan UKM Barat Unpad Kampus Jatinangor pada hari Rabu, 15 Mei 2019. Menghadirkan ustadz Soleh Haerudin sebagai penceramah, marawis dari Panti Asuhan Rahman Yatim Al Ihsan, Musisi Ardhito Pramono, hiburan musik dan 15 stand makanan serta minuman.

PARAFEST 2019 dimulai dengan tausiyah oleh Ustadz Soleh Haerudin di Masjid Raya Unpad dengan tema “Bila Ini Ramadhan Terakhirku.” Acara dilanjutkan dengan penyerahan PARAFEST Charity 2019 secara simbolik kepada Panti Asuhan Rahmah Yatim Al-Ihsan. Bantuan dana ini dikumpulkan melalui website kitabisa.com dan kotak pundi amal Fikom Unpad.

Acara yang dibuka untuk umum secara gratis ini menghadirkan berbagai makanan dan minuman yang beragam pada Food and Beverage Zone (Zona Santapan Ramadhan). Dimana terdapat 15 brand makanan dan minuman di dalam zona ini. Selama menikmati aneka makanan, pengunjung dihibur oleh sajian musik yang dibawakan oleh Hooman (Komunitas Musik Fikom), Maroon Music, Fingerstyle by Bima, Hexa, Gypsy Grab, dan tidak ketinggalan penampilan Marawis oleh Panti Asuhan Rahman Yatim Al Ihsan. Meskipun sempat diguyur hujan, namun para pengunjung tetap ramai memadati lokasi acara menunggu penampilan dari musisi Ardhito Pramono, yang membawakan sembilan lagu.

Kegiatan PARAFEST 2019 ini adalah bagian dari tugas akhir mata kuliah PR Event mahasiswa Prodi Humas Fikom Unpad. Dengan adanya acara ini diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman langsung menjadi bagian dari sebuah acara, sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap sesama. (IS)