Preciosa Alnashava Janitra S.I.Kom. M.Si dosen program studi Ilmu Komunikasi bersama Muhammad Alfin mahasiswa Hubungan Masyarakat 2016 Fakultas Ilmu Komunikasi UNPAD berhasil menjadi salah satu perwakilan Indonesia di kegiatan 5th ASEAN Foundation Model ASEAN Meeting (AFMAM) bersama dengan empat mahasiswa lainnya yang berasal dari UNPAD, UI dan ITS, Muhammad Alfin tergabung dengan tim Indonesia bernama Identity yang dibimbing oleh Miss Shava, sapaan akrabnya selaku team advisor. Kegiatan ini diselenggarakan pada 4-9 Juli 2019 di Chulalongkorn University, Bangkok, Thailand.

Kegiatan tahunan yang memasuki tahun kelima penyelenggaranya ini merupakan ajang yang bertujuan meningkatkan kesadaran pemuda di Asia Tenggara terhadap ASEAN khususnya pada kegiatan diplomasi melalui kegiatan seminar dan simulasi diplomasi. Pada tahun ini, setiap negara diwakili oleh dua belas mahasiswa dan dua team advisor yang dipilih melalui seleksi yang ketat yang diikuti oleh ratusan peserta lainnya. Adapun komponen penilaian seleksi meliputi essay, video profil tim hingga prestasi masing-masing peserta. Selain diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN, pada tahun ini AFMAM juga diikuti oleh 12 perwakilan negara Australia.

Kegiatan diawali dengan pengenalan ASEAN, talkshow, pelatihan dan simulasi ASEAN meeting, hingga cultural perfomances pada malam penutupan. Sehari setelah penutupan, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan institusi ke kantor Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dan kunjungan tim Indonesia ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok. “AFMAM merupakan salah satu wadah yang sangat tepat bagi mahasiswa untuk mengenal ASEAN lebih jauh hingga dapat merasakan bagaimana para pemimpin di negara ASEAN dalam berdiplomasi, dan juga membangun networking dengan para pemuda dari berbagai bidang”, ujar Muhammad Alfin.

Pada malam penutupan, tim Identity berhasil memperoleh empat penghargaan, yakni Best Strategy Paper, Best Position Paper, Diplomacy Award (ASEAN Political-Security Community Pillar) dan Social Media Challenge. (MA)

###