Kamis, 26 September 2019, Program Studi Ilmu Komunikasi FIkom Universitas Padjadjaran mendapat kunjungan dari Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Brawijaya. Pada kesempatan itu Tim Pemantau Tugas Akhir Ilkom FIsip UB diterima oleh Dr. Agus Setiaman, M.Si selaku Manajer Riset dan Akademik, Dr. Purwanti Hadisiwi, M.Ext.Ed Katua Program Studi dan dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fikom Unpad. Dari Universitas Brawijaya hadir Tim Pemantau Tugas Kurikulum Syahirul Alim, S.So.s., M.Si., dan Ika Rizki Yustisia, S.I.Kom., M.A., serta Tim Pemantau Tugas Akhir Wayan Weda Asmara Dewi, S.I.Kom., M.I.Kom. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penyusunan dan evaluasi kurikulum serta pengelolaan dan evaluasi tugas akhir mahasiswa yang dilakukan di Fikom Unpad.

Kunjungan Universitas Brawijaya ini merupakan kegiatan roadshow yang dilakukan ke beberapa universitas yang memiliki prodi Ilmu Komunikasi seperti, Universitas Gajah Mada Jogyakarta, Universitas Padjadjaran Bandung dan Universitas Indonesia Jakarta. Ketua Tim Kurikulum Fisip UB menyampaikan bahwa tujuan kunjungan adalah untuk mempelajari proses pengembangan kurikulum prodi Ilmu Komunikasi yang terjadi dan pernah dilakukan oleh Prodi Ilkom Unpad. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan secara menyeluruh tentang Fikom oleh Dr. Agus Setiaman, M.Si., yang menceritakan kronologi terbentuknya tujuh Program Studi yang berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi. Manajer Riset dan Akademik ini juga memaparkan tentang target lulus tepat waktu yang sudah ditetapkan oleh Fikom dan bagaimana kondisi riil saat ini, khususnya rata-rata tingkat persentase lulus tepat waktu Fikom menurut data terakhir.

Pemaparan kemudian dilanjutkan oleh Ketua Program Studi Ilkom terkait proses lahir dan berkembangnya kurikulum Prodi Ilkom. Bahwa cikal bakal lahirnya kurikulum prodi Ilkom adalah dengan menentukan profil lulusan prodi terlebih dahulu, yaitu: scientific communication professional, strategic planner, dan creative media developer. Kaprodi juga memaparkan langkah-langkah inovatif yang dilakukan guna menggenjot tingkat lulusan tepat waktu, diantaranya adalah dengan melakukan kegiatan perkuliahan yang integratif. Kegiatan berlanjut dengan diskusi dan tanya jawab untuk berbagi cerita tentang proses pengembangan kurikulum.

Menurut Ketua Tim Pemantau Kurikulum Syahirul Alim, S.Sos., M.Si benchmarking ke beberapa universitas adalah bagian dari proses mempersiapkan kurikulum baru di Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip UB. Dengan memperoleh gambaran terkait kurikulum, proses pengelolaan, prosedur dan strategi pembelajaran di berbagai universitas, diharapkan Jurusan Ilkom Fisip UB dapat merumuskan kurikulum baru yang menjadi kekhasan dan identitas Ilkom Fisip UB.

Diharapkan kegiatan sharing dan diskusi antar program studi komunikasi dapat terus berlangsung dan tidak hanya sekali ini saja. Perkembangan ilmu komunikasi yang dinamis menuntut institusi Pendidikan untuk terus mengembangkan kurikulum dan sistem pembelajaran di kampus, (RD)