Pusat Studi Komunikasi, Media dan Budaya Fakultas Ilmu Komunikasi Unversitas Padjadjarn menyelenggarakan lokakarya Social Network Analysis dalam Riset Media Digital, pada Rabu 23 Oktober 2019 di Aula Oemi Abdurrahman kampus Fikom Unpad Jatinangor. Workshop ini menghadirkan narasumber Yearry Panji Setianto, Ph.D. dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Acara diawali dengan sambutan Kepala Pusat Studi Komunikasi Media dan Budaya Dr. Eni Maryani. Pada sambutannya, beliau menyampaikan bahwa lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan keahlian akademisi dalam meneliti isu-isu yang berkembang di media digital terutama yang berkaitan dengan social network. Acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Dr. Dadang Rahmat Hidayat, yang sekaligus membuka lokakarya secara resmi.

Yearry Panji Setianto menyampaikan bahwa penelitian pada media digital telah mengalami banyak perubahan karena beradaptasi dengan teknologi, namun metode social network analysis ini makin memperkuat basis keilmuan komunikasi. Misalnya, komunikasi interpersonal yang dulunya berupa interaksi langsung atau tatap muka, kini terjadi dalam media sosial seperti WhatsApp, Twitter dan platform digital lainnya. Pada lokakarya ini, Yearry menjelaskan tahapan penelitian dengan metode social network analysis diantaranya platform-based-issue, problems, data collection, dan findings. “Perlu adanya pemahaman tentang kemampuan (affordance) masing-masing media digital, masalah apa yang perlu diteliti dari media tersebut. Metode ini akan mempermudah dalam proses pengolahan data penelitian,” papar Yearry.

Workshop Social Analysis Network ini diikuti oleh para dosen dan mahasiswa pascasarjana Fikom Unpad. Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat juga berharap, dengan adanya lokakarya ini, Fikom Unpad dapat mengembangkan penelitian-penelitian komunikasi dan media digital dengan menggunakan metode ini. (Eve)