Bandung 14 November 2019, Prodi Ilmu Komunikasi bekerjasama dengan Kompas.com mengadakan kegiatan Kuliah Umum dengan tema: “Penggunaan Internet Positif dan Materi Konten Berkualitas.” Narasumber dalam kegiatan ini adalah Luthfi Kurniawan Sosial Media Tim Kompas.com. Fikom Unpad menjadi Universitas yang pertama kali didatangi dalam rangkaian acara K-Talk Kompas.com, yang berrtempat di Ruang Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad. Kegiatan ini juga merupakan kegiatan penunjang untuk mata kuliah Design Media Project dan Literasi Media Digital yang ada di Prodi Ilkom.

Mahasiswa Fikom Unpad adalah bagian dari gelombang generasi millenial yang akan menjadi ujung tombak penetrasi internet di Indonesia. Lahir dan besar bersama derasnya era informasi dan digital, penerimaan serta literasi usia muda lebih mudah ketimbang kelompok usia lain. Disamping itu, mahasiswa Fikom Unpad diharapkan nantinya dapat turut serta dalam meningkatkan literasi digital bagi masyarakt di Indonesia.  

Menurut Kompas.com kegiatan ini tercetus dari keresahan kompas sebagai media informasi, terhadap banyaknya pemberitaan hoax dan konten negatif  yang beredar, dalam hal ini kompas.com melalui program K-Talk ingin menyampaikan kepada khususnya generasi millennial agar dapat menggunakan internet sesuai pada porsinya dan selalu menelaah kembali setiap informasi yang beredar di media digital dengan cara hati-hati dengan judul pemberitaan yang provokatif, cermati alamat situs, tinjau kembali fakta-fakta, cek keaslian foto.

Universitas Padjajaran Fakultas Ilmu Komunikasi Jatinangor Bandung menjadi salah satu kampus yang terpilih dan menjadi kampus pertama dalam penyelenggaraan K-Talk Kompas.com. Dengan dihadiri lebih dari 200 mahasiswa dan mahasiswi penyelenggaraan K-Talk Kompas.com berlangsung sangat interaktif dengan banyaknya pertanyaan dari para peserta terkait materi yang disampaikan oleh Luthfi Kurniawan Sosial Media Tim Kompas.com.

Berbicara mengenai konten positif ke mahasiswa memang susah-susah gampang, Karena generasi millenial sendiri pun sudah punya banyak referensi. K-Talk Kompas.com kali ini bukan ingin membatasi para mahasiswa atau mahasisiwi dengan aturan ini-itu dalam membuat konten positif. Tapi kita hadir dengan contoh-contoh yang dekat dengan mahasiswa dan mahasiswi untuk memberi refrensi mengenai konten positif & content creator. Luthfi Kurniawan Sosial Media Specialist Kompas.com

Untuk para generasi millenial tetap waspada dengan berita-berita hoax karena sangat membahayakan jika sampai terpengaruh karena sangat merugikan. Dengan menggunakan internet secara positif maka kita sudah menjadi salah satu yang mendukug pengurangan penyebaran berita hoax. Infromasi yang baik bisa dimulai dari diri kita masing – masing dengan cara menginformasikan segala bentuk kegiatan disekitar kita melalui konten – konten yang berkualitas agar memberikan pengaruh positif bagi khalayak banyak.