Jatinangor, 2019 – Sebanyak tujuh orang perwakilan Himpunan Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan (Himaka) Fikom Unpad tergabung menjadi peserta dari Kemah Literasi Jawa Barat 2019. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Jawa Barat dan para penggiat literasi Jawa Barat. Kemah Literasi Jawa Barat 2019 diselenggarakan pada tanggal 15 – 17 November 2018 di Bumi Perkemahan Kiara Payung.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan memukulkan kentungan atau nakol kohkol yang dilakukan oleh para ketua FTBM kabupaten/kota di Jawa Barat, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dan Balai Bahasa Jawa Barat serta perwakilan peserta dari luar wilayah Jawa Barat. Hadir dalam kegiatan ini penggiat literasi, tokoh masyarakat serta tokoh nasional yang ikut menyemarakkan kegiatan salah satunya adalah Wien Muldian, Fery Curtis, Ali Muakhir, Panji Sakti, dan Maman Suherman.

Acara yang dilaksanakan selama tiga hari dua malam ini menyajikan rangkaian-rangkaian acara yang sarat akan pengetahuan mengenai literasi dengan berbagai topik seperti Diskusi Manajemen Komunitas Literasi, Pelatihan Menulis Cerita Anak, Berbagi Kisah Pendongeng TBM, Praktik Literasi Sekolah, Praktik Baik Kolaborasi Gerakan Literasi Masyarakat, Bedah Buku Sumilangen dam Googling Gutenberg, Pelatihan Sketsa atau Aksara Sunda Kuno, Diskusi Literasi untuk Semua, Klinik Novel bersama Gol A Gong, dan Literasi yang Membebaskan, serta tak luput acara hiburan seperti api unggun dan penampilan musik.

Terakhir dalam Diskusi Literasi yang Membebaskan: Titik Temu Pendidikan untuk Masa Depan, penulis sekaligus aktivis literasi, Maman Suherman, menitipkan pesan bahwa mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan jangan segan untuk terjun bersama masyarakat di dalam FTBM dan mengaplikasikan ilmunya serta menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengabdian kepada masyarakat. (Himaka)