Sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas lulusan dan antisipasi perubahan yang terjadi di dunia industri serta perubahan global, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran mengadakan workshop kurikulum. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 21 – 23 November 2019. Hadir sebagai pemateri yaitu Megawati Santoso, Ph.D dan Ketua SPM Universitas Padjadjaran Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita., M.Si.

Dalam paparannya Megawati Santoso, Ph.D menyampaikan materi tentang Perkembangan Kurikulum tingkat nasional dan internasional. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini maka kurikulum yang ada dan sedang berjalan dapat dikaji kembali serta sinkronisasi terhadap perkembangan teknologi komunikasi yang terjadi. Setelah itu diadakan sesi diskusi rumusan capaian pembelajaran hingga delivery method pembelajarannya yang dilaksanakan di setiap program studi, dan di hari kedua berupa penetapan profile lulusan hingga penyusunan kurikulum di setiap prodi, pada hari ketiga kegiatan berupa pleno penyampaian rumusan kurikulum  setiap program studi dan penyerahan doklumen kurikulum kepada Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Workshop kurikulum di Fakultas Ilmu Komunikasi di awali dengan pra workshop yang dilakukan oleh seluruh program studi yanga ada di Fakultas Ilmu Komunikasi antara lain: Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Studi Informasi dan perpustakaan, Program Studi Jurnalistik, Program Studi Hubungan Masyarakat, Program Studi Manajemen Komunikasi, Program Studi Televisi dan Film, serta program Studi Sarjana Terapan Manajemen Produksi Media dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) baik dengan mahasiswa, alumni yang telah berkiprah di dunia industri maupun para pakar komunikasi. Pelaksanaan pra Workshop kurikulum ini dilakukan untuk mendapat masukan atas implementasi kurikulum yang selama ini dijalankan oleh setiap program studi. (AS)