Ajang Insan Kreatif Mahasiswa (Ajisaka) Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diselenggarakan pada tanggal 21 – 23 November 2019 lalu menjadi ajang panen prestasi bagi mahasiswa Fikom Unpad. Rangkaian acara yang mewadahi mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan potensi kreatif melalui beberapa kompetisi, seminar dan kegiatan lainnya ini digagas oleh Departemen Ilmu Komunikasi UGM dengan membuka 5 (lima) kategori perlombaan. Dengan penuh kebanggaan, tim perwakilan Fikom Unpad menyabet seluruh medali dari setiap kategori lomba di Festival Ajisaka UGM ini. Untuk kategori Arjuna (Ajang Citra Berjuta Warna) mata lomba Homeless Media dimenangkan oleh Tim Dangkal yang mengangkat fenomena “Sampah yang Mengungkung Bandung”. Tim yang meraih juara pertama ini beranggotakan Elga Nurmutia, M. Rizqi Hijriah, dan Risa dari prodi Jurnalistik 2017.

Untuk kategori Nakula (Penelitian Kawula Muda) mata lomba Riset Akademis, Fikom Unpad mendapatkan dua gelar, yakni juara pertama oleh Tim Esmeralda 2.0 dan juara kedua oleh Tim Bangan. Tim Esmeralda 2.0 yang meneliti tentang “Transaksi Plastik Dibalik Euforia Digital Payment” beranggotakan Gagas Cakrawala, Kristin Monika Sinaga dan Satya Rahma Ningsih dari prodi Ilmu Komunikasi 2016. Sedangkan Tim Bangan yang meneliti tentang “Dispenser Berbayar sebagai Cara Meredam Peredaran Sampah Botol Plastik” beranggotakan Muhammad Arfan, Nadila Taufana dan Melisa Qonita. Pada mata lomba Riset Strategis, Tim Ilkom FK Strat dari prodi Ilmu Komunikasi juga meraih juara kedua. Tim yang beranggotakan Eunike Fersa (2017) dan Fidela Alifah Shabrina (2017) ini mengangkat riset tentang “Korelasi Kampanye Diet Plastik dan Perilaku Konsumen Coca-Cola”.

Untuk kategori Sadewa (Sayembara Dewa Pariwara) mata lomba Social Media Activation, juara ketiga dimenangkan oleh Tim Nopember “Bandung Endah Lestari” karya Sylvana Teressha Simatupang dari Humas Fikom Unpad dan Asyifa Nurul Fitriani dari Kesejahteraan Sosial Fisip Unpad. Pada mata lomba Unconventional Media, Tim Genesis meraih Juara 2 dengan “Generasi Hijau” yang beranggotakan Annisa Ayu Shalshabila Putri dan Rizki Septian Anugrah dari prodi Ilmu Komunikasi 2016.

Untuk kategori Kresna (Kreasi Insan Sinema), naskah film berjudul “Daur (P)ulang” karya Jeremy Octavian Tanu Mihardja dari prodi Televisi dan Film 2018 terpilih sebagai juara pertama mata lomba Skenario Film. Untuk kategori Prahasta (Pertempuran Humas Nusantara), prodi Hubungan Masyarakat menjuarai tiap mata lomba, diantaranya peringkat pertama lomba PR Campaign oleh Tim Choc Choc (Sarah, Salsa dan Tamara) dengan tema #AmbuTurunTangan, peringkat kedua lomba Press Conference Simulation oleh Tim Sosis (Rizky, Hana dan Rama) dengan topik “Bergandengan Tangan Menyelesaikan Masalah TPST Puyungan”, serta peringkat pertama lomba Risk Management oleh Tim Lavanya (Indah dan Syifa) dengan judul “Kokoh Melegenda” . (Eve)