Tasikmalaya, 8 Desember 2019. Dalam rangka rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun ke-2 yang jatuh pada tanggal 13 Desember 2019, Ikatan Doktor Ilmu Komunikasi (IDIK) Alumni Unpad mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Manggungjaya, Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya.

Acara yang bertajuk Literasi Media Digital ini mengundang aparat daerah setempat dan dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari kelompok siswa dan kelompok dewasa / orangtua. Para peserta mendapatkan edukasi langsung dari anggota IDIK yang berprofesi sebagai dosen dan praktisi.

Ketua Umum IDIK, Dr. Rahmat Edi Irawan S.Pd., M.I.Kom mengatakan,” IDIK adalah komunitas yang baru berdiri, namun keberadaan IDIK sudah dapat dirasakan oleh masyarakat maupun anggotanya. Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk mewujudkan visi misi yang telah disepakati bersama, diantaranya adalah mendharmabaktikan ilmu pengetahuan dan keahlian untuk masyarakat, bangsa dan negara. Seperti hari, ini diselenggarakannya program PKM di Desa Manggungjaya Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya”

Literasi Media Digital dipilih sebagai tema dari kegiatan ini karena IDIK yang memiliki latar belakang Ilmu Komunikasi memiliki tangggungjawab sosial untuk memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat tentang adanya perubahan yang terjadi akibat dari perkembangan teknologi. Keterbukaan informasi melalui internet dan perkembangan aplikasi media sosial berdampak positif dan negatif. Dampak positif pengguna media sosial secara nyata telah membawa pengaruh terhadap perubahanperubahan sosial masyarakat kearah yang lebih baik seperti melek teknologi, lebih modern, kreatif dan inovatif serta menambah jaringan pertemanan dan relasi.

Namun, dampak negatif cenderung membawa perubahan sosial pada masyarakat yang menghilangkan nilai-nilai atau norma-norma yang ada di dalam masyarakat contohnya hilangnya kepekaan antar manusia, kejahatan dunia maya termasuk pornografi dan penyebaran informasi yang tidak diimbangi dengan pengetahuan yang mendalam.

Kedua dampak tersebut akan selalu ada, karena keingintahuan masyarakat akan informasi yang disuguhkan dalam berbagai media digital semakin tinggi dan akses internet sangat mudah didapatkan.

“Pembekalan literasi media digital menjadi hal yang harus ditingkatkan kepada seluruh lapisan masyarakat, agar dapat memilih informasi yang baik dan yang buruk. Keterampilan dalam memanfaatkan teknologi yang melahirkan kreativitas akan menumbuhkan perekonomian rakyat “ tutup Rahmat.

 

Contact Person

Dr. Husnita S.E.,M.Si.,CPR – 0811236700

(Bidang III Kemitraan, Media dan Pubikasi)

 

Pemberian Cinderamata kepada aparat Desa (Sek Camat Rajapolah dan Kepala Desa Manggungjaya)

Peserta kelompok dewasa mendengarkan materi dari perwakilan anggota IDIK

Sambutan Ketua Pelaksana Dr Husnita SE., M.Si

Peserta kelompok SMP