Jatinangor, 9 Januari 2019. Program studi Magister Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, menyelenggarakan kembali “Seminar Nasional, ORATION: Komunikasi Organisasi dalam Era Post-Modern”. Seminar yang diselenggarakan di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad ini diikuti 94 pemakalah dan 56 peserta, yang terdiri dari dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan akademisi yang berasal dari berbagai universitas.

“Maksud dibalik pemilihan tema ini adalah agar mendapatkan kebaharuan tafsiran akademis sebagai dukungan terhadap perkembangan riset komunikasidalam bidang organisasi, dengan bercermin pada realita yang ada disekitarnya. Realita tersebut adalah Postmodern. Era Postmodern kini hadir dengan nada dekonstruksi, rekonstruksi, kritis dan eleminasi yang berfokus pada telaah terhadap komunikasi organisasi.” Ujar Felisianus Efrem Jelahut selaku Ketua Penyelenggara pada pembukaan Oration 2020 (9/01/2020).

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjawab tantangan perkembangan ilmu komunikasi, khususnya diskursus komunikasi organisasi. Jawaban terhadap tantangan ini dalam oration dibuat dengan menggunakan sebuah riset dan artikel hasil riset tersebut, yang kemudian dipresentasikan oleh para pemakalah.

Artikel-artikel yang dipresentasikan pada Oration, telah melalui proses review yang melibatkan 5 orang reviewer yang merupakan dosen-dosen pengajar di Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. Artikel haril riset yang telah di presentasikan tersebut kemudian diterbitkan dalam sebuah book chapter yang berjudul “Komunikasi Organisasi dalam Era Post-Modern”.

Oration terselenggara berkat kerjasama mahasiswa program Magister Ilmu Komunikasi Fikom Unpad angkatan 2019, yang berjumlah 43 orang dan dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Fikom Unpad.