Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) berhasil menorehkan prestasi internasional pada ajang IMPACT 2019. IMPACT (Immersion, Appreciation and Tribute) merupakan kompetisi bidang komunikasi yang diselenggarakan oleh Universiti Sains Malaysia (USM) yang diselengarakan pada 16-18 Desember 2019 di ruangan Dewan Budaya USM, Penang Malaysia.

IMPACT pada tahun ini yang bertepatan dengan ulang tahun USM ke-50 mengangkat tema Fun and Funkiness. Dekan Sekolah Komunikasi USM, Dr. Nurzali Ismail menuturkan tema ini diambil untuk menyuntikan semangat muda kepada para perserta sekaligus menyelipkan elemen kegembiraan di setiap karya kreatif mereka dengan slogan ‘Your Ideas, Your Triumph.’ Keikutsertaan Fikom Unpad tahun ini merupakan yang ketiga kalinya. Pada tahun 2018, Fikom Unpad berhasil merebut juara kedua Best Communication Campaign dan juara ketiga Feature Writing. Pada tahun 2017, Fikom Unpad meraih juara ketiga Creative Packaging dan juara kedua Communication Campaign. Pada gelaran IMPACT ke-11 tahun 2019, Fikom Unpad menjuarai dua cabang lomba yaitu kategori Public Speaking dan Best Communication Campaign. Fikom Unpad juga mendapatkan penghargaan sebagai Most Loyal University dari IMPACT, USM.

Fikom Unpad mengirimkan 14 mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti kompetisi yang diikuti berbagai perguruan tinggi di Asia Tenggara. Mahasiswa Fikom mengikuti 6 dari 8 cabang lomba yang dipertandingkan. Keenam cabang lomba yang diikuti ialah Public Speaking (3 Orang), Fotografi (2 Orang), Feature Writing (1 Orang), Best Communication Campaign (1 Tim), Best University Magazine (1 Tim), dan Short Video (1 Tim). 2 cabang lomba yang Fikom Unpad tidak ikut serta ialah Print Ads dan Best University Newspaper.

Kompetisi Public Speaking kategori perorangan dimenangkan oleh Muhammad Ihsan berhasil sebagai juara pertama. Kompetisi Best Communication Campaign, tim kampanye #GlekYourDrink yang beranggotakan Rahma Sartika, Weni Anggriani, Rara Berliana, Iqbal Maulana, dan Aini Rahmi Mutia berhasil menjadi juara 3 kategori grup. Selain kedua raihan juara diatas, Fikom Unpad juga menempatkan dua finalis lainnya, yaitu Ricky Ramdhan Darmawan (Fotografi) dan Giovanni Nickson Zefanya Ong (Public Speaking).

Muhammad Ihsan berhasil meraih hadiah utama setelah tampil mengesankan dewan juri dan penonton. Kontes orasi ini mengharuskan peserta untuk melakukan presentasi langsung selama 3 menit dengan tema yang dipilih secara acak. Karena kemenangannya, Ihsan, berhak mendapatkan Grand Prize uang RM 500, piagam penghargaan, dan bingkisan.

Tim pemenang Best Communication Campaign #GlekYourDrink terdiri dari gabungan mahasiswa program studi Manajemen Komunikasi, Manajemen Produksi Media, dan Ilmu Informasi dan Perpustakaan. Dengan mengangkat tema gerakan kampanye anti sedotan plastik, tim #GlekYourDrink mengkampanyekan dampak negatif dari sampah plastik, khususnya sedotan, bagi kerusakan lingkungan hingga dampaknya bagi satwa liar. Sebagai juara ketiga, tim #GlekYourDrink berhak mendapatkan hadiah uang RM 200 dan piagam penghargaan. (MI)