Lecture Series References Managers dan Similarity Software yang diadakan pada 18 Januari 2020 di Kampus Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran diikuti oleh 40 peserta dari 14 perguruan tinggi, yaitu dari ITB, STIKes Budi Luhur Cimahi, Telkom-University, Universitas ARS, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Universitas Pakuan, Universitas Pasundan, Universitas Suryakancana,  Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana, UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Winaya Mukti, Universitas Trisakti, UPI Bandung dan Universitas Padjadjaran.

Acara dibuka oleh Dr. Tine Silvana selaku Ketua Pusat Studi Manajemen Informasi yang mewakili Dekan Fikom Unpad.  Dalam sambutannya, Dr. Tine menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberi bekal bagi peserta agar terhindar dari plagiarisme.

Lecture Series References Managers dimulai dengan pemaparan dan praktek penggunaan Mendeley oleh Andri Yanto, yang merupakan Dosen Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan dan Editor Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. Pada kesempatan tersebut, Andri Yanto juga menyampaikan bahwa walaupun Mendeley mempermudah dalam import sitasi dan referensi dari website, namun kita harus tetap mengeceknya untuk memastikan bahwa data yang tersedia sudah benar.

Materi manajemen referensi lainnya disampaikan oleh Nuning Kurniasih,  yang merupakan Dosen Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan dan Kepala Laboratorium Computer-Mediated Communication (CMC).  Nuning menyampaikan bahwa pada Easybib, kita dapat meng-copy link dari artikel yang akan kita kutip, selanjutnya memeriksa metadata yang ditampilkan. Apabila ada metadata yang salah, kita dapat mengeditnya. Berbeda dengan Easybib dan Mendeley, menurut Nuning, References Tools yang tersedia dalam Ms. Words, mengharuskan kita mengentri meta data secara manual. Namun demikian entri data cukup dilakukan sekali, selanjutnya dapat menggunakan fitur “Management Sources” untuk menampilkan kembali metadata dari sumber referensi yang telah di-input.  Lecture Series diakhiri dengan  sesi  Similarity Software. Menurut Nuningdengan mencantumkan sitasi dan referensi yang benar maka kita akan terhidar dari plagiat. Oleh karena itu materi manajemen referensi sangat terkait dengan materi software pendeteksi kemiripan. 

Dalam kesempatan tersebut, Nuning menyampaikan bahwa Lecture Series yang diselenggarakan oleh Laboratorium CMC ini direncanakan akan diselenggarakan setiap bulan (tentatif) dengan materi yang berbeda-beda dan terbuka untuk umum. (NK)

sumber: www.nuningkurniasih.info