Rabu, 4 Maret 2020, pemilihan mahasiswa berprestasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran kembali dilaksanakan. Kegiatan ini dilaksankan di Ruang Pleno Gd. 1 Kampus Fikom Unpad Jatinangor. Sebelum bisa sampai di tahap ini, setiap kandidat terlebih dahulu melewati seleksi di tingkat program studi.

Dari lebih kurang 750 mahasiswa Fikom Unpad angkatan 2017 terpilih sebanyak 12 kandidat mawapres dari prodi sarjana S1 dan Sarjana Terapan Vokasi. Ricky Ramadhan Darmawan (Ilmu Perpustakaan), Weni Anggriani (Ilmu Perpustakaan), Shofie Ashyfa Natasya Shalsabila (Ilmu Komunikasi), Selma Kirana Haryadi (Jurnalistik), Muhamad Arfan Septiawan (Jurnalistik), Rahma Sartika Melenia Katili (Manajemen Komunikasi), Amiralina Maharani Permata Negoro (Manajemen Komunikasi), Shereina Sarah Ayumi (Hubungan Masyarakat), Annindya Azmah (Televisi dan Film), Annisa Farah Firdausi (Televisi dan Film), Mochamad Renaldy Mulia (Manajemen Produksi Media), dan Aini Rahmi Mutia (Manajemen Produksi Media)

Kedua belas peserta dinilai berdasarkan indeks prestasi kumulatif (IPK), kemampuan bahasa inggris, karya tulis, prestasi, pengalaman organisasi, dan kepemimpinan. Tahun ini, Kemenristekdikti kembali menentukan Sustainable Development Goals (SDGs) dan Masyarakat Revolusi Industri 4.0 sebagai tema karya ilmiah. Adapun komposisi nilai yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan mahasiswa berprestasi adalah 10% dari indeks prestasi kumulatif, 30% dari nilai kemampuan bahasa inggris, 30% dari nilai karya tulis, dan 30% dari prestasi, pengalaman organisasi, dan kepemimpinan. Komponen-komponen penilaian tersebut diberikan oleh tim penguji.

Tim penguji dalam pemilihan mahasiswa berprestasi tahun ini diketuai oleh Manager Akademik dan Kemahasiswaan, Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom. Perwakilan Juri dari tingkat Universitas Dr. H. Wawan Setiawan, M.I.Kom. Dan juri lain yang mewakili program studi diantaranya, Preciosa Alnashava Jantra, S.Ikom., M.Si., Dra. Sukaesih, M.Si., Aat Ruchiat, S.Sos., M.I.Kom., Rangga Saptya, S.I.Kom., M.I.Kom., Subekti Wirabhuana Priyadharma, S.Sos., M.A., Justito Adiprasitio, S.Ikom., M.A., Dra. Hj. Kokom Komariah, M.I.Kom.

Setelah meninjau seluruh ide dari peserta, tim penguji memutuskan bahwa Mahasiswa Berprestasi Fikom Unpad tingkat Sarjana adalah Shofie Ashyfa Natasya Shalsabila. Dan Mahasiswa Berprestasi Fikom Unpad Tingkat Sarjana Terapan Mochamad Renaldy Mulia.

Karya tulis berjudul Ayo, Ibu!: Pengentasan Kekerasan dalam Rumah Tangga bagi Perempuan di Area Pinggiran Berdasarkan Gender Equity dan Komunikasi Pemberdayaan, Berhasil mengantarkan Shofie menjadi Mawapres Fikom Unpad 2020. Berdasarkan wawancara dengan Manajer Akademik dan Kemahasiswaan Fikom Unpad, Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom., karya tulis yang baik adalah yang aplikatif dan memuat ide baru. Jika dibandingkan dengan kandidat lain, ide Shofie merupakan ide yang belum ada sebelumnya. “Karya tulis Shofie lebih original dan lebih bersifat aplikatif”, tuturnya. Hal tersebut pula yang menjadikan bahan pertimbangan meskipun ada kandidat lain yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang lebih baik.

Tak bisa dipungkiri, kemampuan public speaking pun menjadi salah satu poin penting agar dapat menyampaikan gagasan dengan baik. Kemampuan inilah yang menjadikan karya ilmiah Peran Web Series: Let’s Find The Facts in 3 Episodes Sebagai Media Edukasi Pemberantas Berita Hoax Pemecah Bangsa dianggap menarik dan mengantarkan Renaldy menjadi perwakilan mahasiswa berprestasi Fikom 2020.

Kedua perwakilan Fikom Unpad Shofie dan Renaldy akan mengikuti kembali pemilihan Mahasiswa Berprestasi di tingkat universitas bersama dengan kandidat dari fakultas lain. Tahapan ini dilalui untuk menemukan mahasiswa berprestasi di tingkat universitas untuk mewakili Unpad pada pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional. Ajang pemilihan mahasiswa berprestasi ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan prestasi dan jumlah gagasan kreatif mahasiswa. (NK)