Rumpun Ilmu informasi merupakan rumpun keilmuan yang terus berkembang, dipicu oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta perubahan gaya hidup masyarakat yang sangat dinamis dalam berhadapan dengan pengetahuan. Sudah banyak  perguruan tinggi di Indonesia yang membuka dan menyelenggarakan program studi dalam rumpun ilmu ini. Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia, atau disingkat APTIPI, merupakan perkumpulan yang menaungi dan mempersatukan semua program studi di Indonesia dalam bidang ini.

Perubahan peraturan pemerintah dalam bidang Pendidikan yang dinamis perlu diantisipasi oleh APTIPI, agar terus dapat memutahirkan informasi pada para anggotanya. Untuk itu, Pada hari jumat, 6 Maret 2020 bertempat di Kampus Fakultas Ilmu Komunikas, Universitas Padjadjaran, APTIPI menyelenggarakan seminar nasional dan rapat kerja nasional yang merupakan kerjasama antara APTIPI dengan Pusat Studi Manajemen Informasi FIKOM UNPAD.

 

Kegiatan Seminar dan Rapat Kerja Nasional ini bertujuan untuk:

  1. Memfasilitasi komunikasi ilmiah antara para dosen dan pengelola program studi dalam rumpun ilmu Informasi di Indonesia untuk saling berbagi pengetahuan;
  2. Mengkomunikasikan perubahan dan peraturan baru yang berhubungan dengan penyelenggaran pendidikan tinggi dan kegiatan pembelajaran;
  3. Melantik kepengurusan APTIPI
  4. Memaparkan program kerja dari tiap divisi dalam kepengurusan APTIPI

Peserta kegiatan Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional ini terdiri dari:

  • Para dosen dalam Rumpun Ilmu Informasi
  • Para Ketua Program Studi dalam organisasi APTIP

Kegiatan yang digelar berupa :

Presentasi para pakar dalam Rumpun Ilmu Informasi dan Tenaga Ahli dari Dikti-Kemendikbud yang akan menyampaikan perkembangan keilmuan dalam rumpun ilmu informasi serta kebijakan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Seminar dilaksanakan pada sesi pagi hingga siang.

Rapat Kerja Nasional APTIPI akan dilakukan pada siang hingga sore hari.

Rapat Kerja ini didahului dengan pelantikan pengurus, dilanjutkan dengan pemaparan program   kerja masing-masing divisi serta berbagi informasi mengenai perkembangan dan kondisi yang muncul di lapangan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di masing-masing perguruan tinggi.

Pelaksanaan kegiatan di Kampus Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional dilakukan di Auditorium Pascasarjana dan Ruang Oemi Abdurrahman Fikom Unpad.

Kegiatan ini diharapkan akan memberikan pencerahan pada perkembangan ilmu informasi dan memperkuat para pengelola program studi untuk melaksanakan tugas pengembangan keilmuan dan penyelenggaraan pendidikan tinggi di masing-masing institusi pendidikannya.

Kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, terutama dari para pengambil kebijakan, pengelola asosiasi, pengelola prodi ilmu perpustakaan dan informasi, pemerhati bidang informasi, para praktisi, dan juga seluruh stakeholder dalam bidang informasi dan perpustakaan. (NP)