Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru merupakan sebuah kegiatan tahunan untuk memperkenalkan lingkungan serta iklim perkuliahan Fikom Unpad kepada calon mahasiswa baru. Kegiatan yang biasa menjadi ajang mendapat teman dan menjelajah tempat baru itu kini dilaksanakan dengan cara yang tidak biasa. 2020, tahun di mana pandemi Covid-19 melanda, mengharuskan seluruh kegiatan perkuliahan berjalan secara daring atau hybrid. Tidak terkecuali Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru di tahun ini.

Pada Sabtu, 29 Agustus 2020, rangkaian pertama Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 dimulai. Mahasiswa baru, jajaran pimpinan kampus Fikom Unpad beserta dosen, tendik, dan bertemu untuk pertama kalinya meski dilaksanakan dengan cara yang sedikit berbeda. Rangkaian acara yang dipersiapkan panitia beragam, mulai dari upacara hingga rangkaian Dialog Aktualisasi 2020 yang menyediakan penjelasan materi seputar akademik, Pelayanan dan Bidang Konseling, serta perwalian. Semua terlaksana dengan baik dan tetap menyenangkan walau terpaut jarak. Hal ini tidak lain karena usaha seluruh panitia dan juga antusiasme mahasiswa dalam menjalani rangkaian acara.

Ikhsan Fuady, dosen sekaligus koordinator Prosesi Penerimaan Mahasiswa tahun ini menjelaskan bahwa keadaan seperti sekarang ini merupakan sebuah tantangan tersendiri. Tantangan ini pun berhasil dijalani tanpa kendala yang berarti. Menurutnya, rekan-rekan panitia tetap semangat dalam menjalani tugasnya meski terdapat beberapa keterbatasan karena pandemi. Semangat panitia dalam menyelenggarakan acara ini nampaknya berhasil membuat rangkaian tetap seru dan informatif walau hanya dapat ditonton oleh peserta lewat layar monitor. “Acaranya seru banget walaupun belum bisa ketemu teman-teman”, ungkap Siti H. Sahada, mahasiswa baru program Sarjana Fikom Unpad.

Selain keseruannya, perbedaan antara kegiatan ini dengan tahun lalu pun juga sangat terasa. Adapun seorang mahasiswa program magister yang mengutarakan kesannya terhadap acara ini, “Seru dan senang diberi semangat oleh seluruh dosen Fikom meski perbedaannya tetap terasa, yaitu kini semua serba online”. Selain itu, terdapat pula tanggapan mengenai acara dari seorang mahasiswa baru program doktor Fikom Unpad, Almadina R.,  “Sempat bingung, tapi seru!”. Kebingungan terhadap acara ini mungkin bisa dimaklumi dan diamini setiap peserta Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun akademik 2020/2021 karena metode yang serba baru dan unik ini.

Seperti yang dikatakan oleh M. Ihsan, ketua Dialog Aktualisasi 2020, tujuan dari Prosesi ini ialah agar mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 tetap bisa merasakan apa yang dirasakan oleh mahasiswa-mahasiswa Fikom sebelumnya, mendapat informasi seutuhnya, serta bisa beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan Fikom. Ia pun berpesan agar peserta untuk kedepannya dapat terus bekerja sama dengan baik seperti saat ini dengan panitia.

Keadaan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya ini memaksa seluruh panitia keluar dari zona nyaman melaksanakan kegiatan dengan baik. Setelah mendengar respon-respon positif dari mahasiswa dari jenjang yang berbeda-beda, kini kita tahu bahwa kerja keras serta semangat para panitia sangat berarti bagi peserta. Fikom satu, Fikom Fikom Fikom!