Fikom Unpad menyelenggarakan Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru Fikom Unpad Tahun Akademik 2020/2021 secara hibrida atau campuran antara luring dengan daring. Rangkaian acara pertama Penerimaan Mahasiswa Baru Fikom Unpad Tahun Akademik 2020/2021 dilaksanakan pada 29 Agustus 2020. Rangkaian ini juga dihadiri oleh kedua Guru Besar Fikom Unpad, Ketua Senat, Dekan, serta Wakil Dekan Fikom Unpad.

Rangkaian acara pertama adalah Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021. Acara tersebut dibuka dengan penyampaian laporan secara resmi oleh Wakil Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Sugiana, M.Si. Dalam pembacaan laporan, beliau menyebutkan bahwa Fikom Unpad menerima 792 calon mahasiswa dari total 15.802 pendaftar secara keseluruhan. Selain itu, beliau juga mengingatkan bahwa angka tersebut merupakan angka yang cukup besar hingga membuat persaingan mendapatkan tempat di Fikom Unpad menjadi sebuah persaingan yang ketat. “Angka ini pun menjadikan Fikom Unpad sebagai fakultas favorit di lingkungan Unpad bahkan Perguruan Tinggi Negeri lain”, jelasnya.

Pelantikan mahasiswa baru secara simbolis dilakukan oleh Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si. Prosesi ini melibatkan empat perwakilan mahasiswa baru dari program doktor, magister, sarjana serta sarjana terapan di Fikom Unpad. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan pidato dari Dekan Fikom Unpad yang sekaligus memperkenalkan Guru Besar, Wakil Dekan Fikom Unpad, Ketua dan anggota Senat, serta jajaran departemen serta tendik dan lembaga kemahasiswaan yang bertugas di lingkungan Fikom Unpad.

Selain menyambut mahasiswa baru menjadi keluarga besar Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat Hidayat., S.Sos., S.H., M.Si., dalam pidatonya pun menjelaskan fasilitas yang dimiliki Fikom Unpad untuk mencetak lulusan-lulusan yang unggul. Beliau juga sekaligus menyebutkan beberapa prestasi yang telah ditorehkan oleh sivitas akademika Fikom Unpad maupun mahasiswa, baik dari segi akademik maupun non-akademik yang bertaraf nasional ataupun internasional.

Menurut Dekan Fikom Unpad, tantangan yang kini dihadapi oleh Fikom adalah menghadirkan delivery method yang tepat di masa pandemi atau bahkan setelahnya. Ia juga menyampaikan bahwa kini, mahasiswa dapat menjadi pelaku utama dalam pembelajaran, “Mahasiswa bukan lagi objek pendidikan, melainkan pelaku utama dalam proses pembelajaran”, tandasnya.

Rangkaian acara selanjutnya adalah Dialog Aktualisasi 2020. Dalam acara tersebut, Wakil Dekan, Dr. Dadang Sugiana, M.Si. dan Agus Setiaman, S.Sos., M.Si. selaku Manajer Akademik dan Kemahasiswaan, hadir untuk menyampaikan materi seputar akademik di lingkungan Fikom Unpad. Dialog Aktualisasi 2020 dilanjutkan dengan kegiatan pemutaran video yang menampilkan Tim Pelayanan dan Bidang Konseling (TPBK), Dr. Henny Sri Mulyani, M.Si., yang merupakan ketua TPBK dan Dr. Jenny Ratna Suminar selaku konselor senior TPBK.

TPBK merupakan tim fungsional di Fikom Unpad untuk membantu mahasiswa yang memiliki masalah dalam hal akademik maupun non-akademik. Tim ini terdiri dari 34 konselor yang berasal dari tiap-tiap prodi di Fikom Unpad. Pelayanan online yang disediakan oleh TPBK bisa diakses melalui media sosial instagram, website sobatmu.com, hingga personal chat dengan konselor.

Ketua TPBK, Dr. Henny Sri Mulyani, M.Si., menegaskan bahwa ketika mahasiswa memiliki keluh kesah yang perlu dicurahkan, mereka dapat menghubungi TPBK. Dr. Jenny Ratna Suminar menambahkan, “Manakala masalah tidak bisa diselesaikan sendiri dan orang terdekat belum bisa membantu atau membuat nyaman, TPBK adalah tempat yang tepat untuk mencurahkan keluh kesah karena TPBK terus memegang prinsip kepercayaan antara konselor dengan mahasiswa.” Selain video TPBK, rangkaian acara juga menampilkan video penjelasan tentang dosen wali dan proses perwalian di kondisi pandemi seperti saat ini oleh Dr. Ira Mirawati, M.Si.

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 merupakan serangkaian acara yang dilaksanakan dalam rangka menyambut mahasiswa baru Fikom Unpad Tahun Akademik 2020/2021. Perhelatan ini dilaksanakan secara hibrida, yaitu menggabungkan luring dengan daring. Seluruh mahasiswa baru dari program doktor, magister, sarjana, serta sarjana terapan Fikom Unpad, mengikuti kegiatan hari pertama ini tanpa terkecuali.

Informasi Akademik dan Kemahasiswaan Wakil Dekan dan Manajer Akademik dan Kemahasiswaan

Laporan Wakil Dekan tentang Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2020/2021

Tim Pelayanan dan Bimbingan Konseling

Proses Perwalian

MC Prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru TA 2020/2021

MC Mahasiswa