Agus Rusmana dan Slamet Mulyana, Doktor Baru Fikom Unpad.

 
AR-2-edit

Dr. Agus Rusmana,MA (Foto AA)

JATINANGOR – Jumlah dosen berpendidikan doktor di Fikom Unpad kembali bertambah. Belum lama ini dua orang dosen dari program studi Ilmu Perpustakaan dan Prodi Manajemen Komunikasi merampungkan studinya. Agus Rusmana, lulus sebagai Doktor Ilmu Sosilogi dari Program Pasca Sarjana Fisip Unpad, dan Slamet Mulyana dari program Doktor Komunikasi Fikom Unpad.

 

Agus Rusmana, menyelesaikan disertasinya tentang Penipuan dalam Media Sosial. Agus meneliti para korban penipuan di Facebook. Disertasinya berjudul “Penipuan dalam Interaksi Melalui Media Sosial”

 

Dengan disertasi ini, Jumat (14/8), Agus berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji dan lulus sebagai Doktor Ilmu Sosiologi. Agus dipromotori oleh Prof. Oekan Abdullah, Prof. Sudardja dan Dr. Selly Riawanti,MA. Sidang dipimpin oleh Prof.Dr.Engkus Kuswarno MS.

 
Agus menemukan, ternyata kebanyakan para korban penipuan via medsos ini adalah perempuan, bahkan ada yang berusia di atas 50 tahun. Menurutnya faktor yang mendukung terjadinya penipuan diantaranya, si penipu mampu menciptakan kesan pertama yang meyakinkan bagi korbannya. Setelah itu si penipu mampu melakukan “penguatan kesan” salah satunya dengan cara berempati kepada korban.

 

Slamet-Mulyana-edit

Dr. Slamet Mulyana,MSi. (Foto Dede Mulkan).

Pada hari yang sama, di tempat terpisah, Slamet Mulyana juga berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Kontribusi Realitas Sosial tentang Buruh Migran Perempuan”. Slamet melakukan studi fenomenologi tentang para suami di Kab. Indramayu yang istrinya menjadi buruh migran.

 

Slamet melihat kompleksitas buruh migran perempuan di Indramayu serta kaitannya dengan keberadaan suaminya. Ini merupakan kajian menarik dari perspektif komunikasi. Penelitiannya memfokuskan kajian pada pengalaman subyektif suami yang memiliki istri yang menjadi TKW ke luar negeri.

 

Bagaimanakah motif yang melatarbelakangi keputusan seorang suami mengijinkan istrinya untuk menjadi buruh migran, bagaimana peran diri suami, bagaimana pula pengalaman komunikasi sang suami dan bagaimana seorang suami mengontruksi realitas sosial berkenaan dengan pengalamannya tentang istrinya yang menjadi buruh migran.

 

Slamet yang dipromotori oleh Dr.Atwar Bajari, Prof.Dr,H.Soeganda Prijatna,MM dan Dr Eni Maryani,MSi akhirnya dinyatakan lulus dalam sidang terbuka yang dipimpin oleh Prof.Dr, Deddy Mulyana,MA,PhD, Jumat lalu.

 

Dengan lulusnya dua doktor baru ini, saat ini Fikom Unpad memiliki 42 orang dosen berijasah doktor. Artinya sekitar 40% dosennya adalah doktor.(AA).