Annelis Brilian Prasetya, Sejak Kuliah Sibuk di Dunia Jurnalistik

 
Annelis Brilian Prasetya (Foto Instagram)

Annelis Brilian Prasetya (Foto Instagram)

ANNELIS BRILIA PRASETYA,  alumni Prodi Jurnalistik angkatan 2005 ini memang super aktif dalam berbagai organisasi kampus. Bahkan sebelum lulus kuliah, ia sudah membantu HU Pikiran Rakyat, yang dimulai sejak ia job training. Ia membantu suplemen Belia HUPR, meliput isu yang digemari remaja tingkat SMP dan SMA. Dalam waktu yang hampir bersamaan, ia juga menjadi awak majalah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), yaitu Majalah Eduglobal.

 
Kedua pekerjaannya, baik di Belia maupun di Eduglobal, sama-sama mengupas masalah pendidikan dan remaja, sehingga bisa berjalan pararel. Pada awal 2011, ia memutuskan berhenti dari Belia dan Eduglobal untuk menyelesaikan skripsi.

 
Hanya berselang empat hari sejak kelulusannya, ia diterima sebagai wartawan di Tabloid Nova, tabloid wanita bergengsi anak perusahaan dari Kelompok Kompas Gramedia (KKG) dan pada Januari 2014, ia pun resmi menjadi wartawan tetap.

 
Di Nova, ia mengerjakan beberapa rubrik di desk wanita, yaitu Kesehatan, Griya, Anda & Anak, Anda & Pasangan, Anda & Karier, Tips Umum, Tips Otomotif, Traveling, dan Info Praktis (craft) yang menurutnya memiliki sisi menarik masing-masing. Misalnya saat menulis kesehatan, ia harus riset dahulu sebelum menghubungi dokter dengan spesialisasi sesuai tema yang akan diangkat dan harus membuat tulisan yang mudah dipahami mengingat pembaca kami mayoritas orang yang awam di bidang kesehatan.
Annelis-3Setelah bekerja menjadi wartawan tetap selama tiga bulan, ia kemudian diangkat menjadi redaktur desk wanita sekaligus redaktur desk Fashion & Beauty, tepatnya pada 1 April 2014. Ia biasanya mengedit 25-30 halaman untuk tiap percetakan ditambah lagi dengan rubrik Busana, Taktik Cantik, Tips Fashion, Hijaberaksi, Sedap, dan Uji Dapur.

 
Selama ia menjadi wartawan  Nova, banyak prestasi yang berhasil diraihnya, diantaranya, juara 1 Lomba Penulisan “Antenatal Care untuk Ibu Hamil” yang diadakan Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, 2014. Juara 3 Lomba Penulisan Global Diabetes Forum 2014 yang diadakan PT. Kalbe Nutritionals Tbk, Bali, 2014, dan juara 1 Blog Competition “Divine Colours of Bali” yang diadakan Dulux, Jakarta, 2012.

 
Menurutnya, tak peduli apa alasan mahasiswa lama menyelesaikan kuliahnya, yang terpenting adalah apa yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan dan bisa memberikan manfaat untuk kariernya ke depan. Selain multi talenta di bidangnya pekerjaannya kini, ia juga aktif menulis di blog pribadinya. (Lukya Panggabean)

Profil Mahasiswa

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan

January 6, 2017

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan
“SEKECIL apapun usaha, setidaknya kita menjadi bos dari usaha tersebut daripada terjun dalam usaha yang besar, namun kita

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu