Aries Buana (Humas), Mahasiswa Berprestasi Fikom Unpad 2015

 
Aris Buana (paling kiri) bersama mawapres Prodi dan tim juri. (Foto Suwito).

Aris Buana (paling kiri) bersama mawapres Prodi dan tim juri. (Foto Suwito).

JATINANGOR – Aries Buana dari Program Studi Hubungan Masyarakat terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Fakultas Ilmu Komunikasi. Aries mengalahkan sejumlah kandidat dari program studi lainnya (Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, dan Perpustakaan). Dengan kemenangan ini Aries akan mewakili Fikom ke pemilihan Mawapres tingkat Universitas.

 
Peringkat kedua diraih, Margaretha Sinaga dan juara ketiga Ryan Putra Gushendra, dari program studi yang sama, Manajemen Komunikasi. Mereka mendapatkan penghargaan berupa piala yang akan diserahkan saat Dies Natalis Fikom Unpad, September mendatang.

 
Seleksi mahasiswa berprestasi Fikom Unpad ini amat ketat ketat. Masing-masing program studi mengirimkan dua orang perwakilan kecuali prodi Ilmu Komunikasi yang hanya mengirimkan satu orang.

 
Dari Program Studi Jurnalistik tampil Nurul Nurmala dan Rizani Hammama, Program Studi Hubungan Masyarakat mengirimkan Aries Buana dan Siska Agustina Rivon, dari Prodi Mankom tampil Ryan Putra Gushendra dan Margaretha Sinaga. Program Studi Ilmu Informasi dan Perpustakaan Monica Damayanti dan Muthia, serta dari Program Studi Ilmu Komunikasi tampil Shandra Feranita Aisyah.

 
Persyaratan untuk mawapres ini cukup berat. Selain indeks prestasi di atas 3.5, calon mawapres juga disukai yang pernah memenangkan kompetisi akademik dan juga non akademik, mempunyai pengalaman mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri, dan pernah meraih sertifikat penghargaan dalam kegiatan kemahasiswaan di dalam atau di luar kampus.

 
Tim juri seleksi mahasiswa berprestasi ini adalah para dosen mewakili semua prodi di Fikom Unpad, Mereka adsalah Trie Damayanti, MSi, Nindy Aristi,MA, Dr. Dadang Rahmat Hidayat,SH, Msi, Dr. Dadang Sugiana,MSi, Agus Rusmana, MA dan Wina Erwina. MA. Suasana kompetisi yang sangat intens membuat tim juri cukup kesulitan memilih seorang mahasiswa yang paling baik diantara mahasiswa-mahasiswa terbaik di Fikom Unpad.

 
Aries Buana, peraih juara pertama mahasiswa berprestasi Fikom Unpad mengatakan, “Pada seleksi tingkat fakultas, saya bertemu dengan teman-teman yang luar biasa hebat, jadi sedikit gugup saat presentasi, namun Alhamdulillah semuanya lancar dan sangat senang saat tim juri mengapresiasi karya ilmiah yang saya tulis dengan penuh pengorbanan “Seleksi mawapres berlangsung dalam waktu yang singkat jadi harus pintar membagi-bagi waktu,” tambahnya.

 
Menurut Ryan peraih juara ketiga mawapres Fikom Unpad, “Seleksi mawapres membuka pikiran, kita bahwa sebagai seorang mahasiswa tak hanya harus pintar di bidang akademik tapi juga non akademik karena di dunia kerja kedua hal tersebut harus seimbang,” Margaretha peraih juara kedua menambahkan, “Mawapres dapat mendorong semangat mahasiswa Fikom untuk berlomba-lomba memperoleh sebanyak mungkin prestasi, meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris dan keahlian menulis karya ilmiah.(Evelynd)