AsiaPR Tandatangani MoA dengan Fikom Unpad

 
Prof.Deddy Mulyana,MA,PhD

Prof.Deddy Mulyana,MA,PhD dan Silih Agung Wisesa menendatangani MoA.(Foto Suwito)

JATINANGOR – AsiaPR menandatangani MoA (Memorandum of Agreement) dengan Fikom Unpad belum lama ini di Ruang Sidang Pleno Gedung 1 Fikom Unpad. Perjanjian kerja sama ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan Public Relations di Fikom Unpad. Setelah Penandatanganan MoA ini Silih Agung Wasesa, Founder AsiaPR, memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Fikom di ruang Oemi Abdurachman.

 
Penandatanganan MoA antara Fikom dan AsiaPR ini diharapkan memberikan manfaat yang baik bagi kedua belah pihak. Program studi Humas Fikom Unpad akan mendapat bantuan pengembangan kurikulum, fasilitas job-training untuk mahasiswa, dan penerimaan dosen tamu yang langsung didatangkan dari AsiaPR untuk mengajar di Fikom Unpad.

 
Profesi PRO (Public Relations Officer) saat ini tengah berkembang. Banyak PRO yang berdiri secara mandiri menjadi konsultan PR. Namun, lebih banyak pula PRO yang bergabung dengan organisasi, yang salah satunya adalah AsiaPR. Sudah sejak lama, AsiaPR menerima beberapa alumni Fikom Unpad untuk mengabdikan diri di perusahaan itu. AsiaPR cukup senang dan bangga dengan kinerja para alumni Fikom Unpad yang patut diacungi jempol. Alumni Fikom Unpad yang bekerja di AsiaPR ini kemudian menjadi penggagas untuk pengadaaan MoA antara AsiaPR dengan Fikom Unpad.

 

Menurut Ketua Prodi Humas Fikom Unpad, Tri Damayanti, public relations adalah keseluruhan tentang relationship atau hubungan. Dengan adanya MoA dengan AsiaPR ini, Prodi Humas Fikom Unpad senantiasa dapat mengembangkan hubungan baik dengan pihak luar. Selain AsiaPR, Prodi Humas juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahan besar di Indonesia, seperti Telkom, Pegadaian, IFI Bandung, Freeport. Bukan hanya itu, Prodi Humas juga memiliki hubungan yang sangat baik dengan beberapa organisasi PR, seperti Perhumas, IPRA (International Public Relations Association), PR Society, dan ISKI (Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia).

 
Masih menurut Tri Damayanti, jenis perjanjian Fikom Unpad dengan AsiaPR bukanlah berbentuk MoU (Memorandum of Understanding) melainkan MoA karena MoA sifatnya lebih aplikatif. MoA yang ditandatangani saat ini adalah untuk kontrak tiga tahun dan mempunyai kemungkinan akan selalu diperpanjang. (Margaretha Sinaga).