Beragam Rangkaian Kegiatan Epicentrum 2017, Saluran Kreativitas Ide Para Insan Komunikasi Muda

 

JATINANGOR – Kegiatan Epicentrum 2017 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad mendapat respon yang baik dari para peserta maupun juri. Kreativitas serta semangat yang tinggi dari para anak muda Indonesia sangat terlihat jelas saat para peserta harus mempresentasikan hasil karya mereka kepada para juri. Hal ini merupakan sebuah fenomena yang cukup menarik di tengah kondisi anak muda yang seakan sudah antipati dengan lingkungan sekitarnya. Sebagai salah satu rangkaian dari tiap lomba, tentunya para peserta harus mempresentasikan maupun menampilkan apa-apa saja hasil dari pengolahan ide-ide kreatif mereka.

Hari kedua dan ketiga (14 – 15 November 2017) merupakan waktu yang diberikan oleh tiap-tiap mata lomba untuk para peserta menunjukkan karya mereka. Karya tersebut sangat beragam, mulai dari proposal hingga karya berbentuk film. Di hari kedua, tepatnya tanggal 14 November, mata lomba Research Mindedness (Hima Ilkom), Commoviecator (Hima TV & Film) melakukan presentasi hasil karya yang telah dibuat oleh para pesertanya. Kemudian Parade Jurnalistik (Hima Jurnalistik) dan Ideation (Hima Mankom) melakukannya di hari ketiga, sedangkan beberapa mata lomba seperti The 6th PPRF (Hima Humas) dan Liblicious (Himaka) yang melakukan dua kali presentasi, yaitu di kedua dan ketiga. Tak hanya sekedar mengadakan presentasi saja, berbagai mata lomba di Epicentrum 2017 ini juga menyelenggarakan beberapa seminar yang berhubungan dengan tema maupun topik utama masing-masing.

Commoviecator, pada hari kedua, menyelenggarakan sebuah seminar bertema “Mengejar Profit Tanpa Mengesampikan Moral sebagai Pembuat Konten” yang berlokasi di Ruang Sidang Pasca Terbuka. Agenda seminar juga dilakukan oleh The 6th PPRF dengan judul “Public Relations and The Enhancement Democracy” yang berlangsung di Auditorium Pascasarjana. Kemudian dilanjutkan oleh seminar dari Parade Jurnalistik yang berjudul “Jourtalk” di lokasi yang sama. Selain itu, pada tanggal 15 November 2017, mata lomba Research Mindedness yang dikelola oleh Hima Ilkom melakukan company visit ke salah satu perusahaan marketing research bernama RAD Research yang berlokasi di Bandung. Kegiatan tersebut melibatkan semua peserta mata lomba dan beberapa panitia yang juga turut mendampingi. Nantinya, ide-ide peserta yang telah disampaikan kepada tim juri diharapkan dapat diimplementasikan serta direalisasikan oleh berbagai pihak yang terkait, sehingga ide-ide cemerlang dari para anak muda untuk mengatasi sedikit banyaknya masalah yang ada di Indonesia bisa membawa bangsa ini ke tingkat yang lebih baik. Selain itu, dengan adanya berbagai seminar serta workshop yang diberikan kepada peserta dan juga para hadirin dapat memberikan ilmu-ilmu maupun informasi yang dibutuhkan tiap individu untuk meningkatkan kualitas diri maupun lingkungan sekitarnya. (Boni Gurning)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu