Berkeliling Dunia dalam Sehari di Festival Lintas Budaya 2014

 
Stand budaya Yunani

Stand budaya Yunani

JATINANGOR – Fakultas Ilmu Komunikasi  Universitas Padjadjaran kembali mengadakan Festival Lintas Budaya pada tanggal 14 Juni 2014 yang lalu. Festival yang telah menjadi even tahunan Fikom Unpad sejak tahun 1984 ini merupakan even khas yang selalu berlangsung menarik karena menampilkan berbagai kebudayaan dari seluruh dunia di satu tempat.

Festival Lintas Budaya ini sebenarnya merupakan bagian dari mata kuliah Komunikasi Lintas Budaya  dan PR Multikultural  yang  diambil mahasiswa Fikom  Unpad semester II Program Studi Hubungan Masyarakat dan Departemen Jurnalistik. Mahasiswa ditugaskan untuk merepresentasikan kebudayaan tertentu dengan bekal riset dan pendalaman yang cukup. Presentasinya berupa pembuatan stand dengan dekorasi khas kebudayaan yang ditampilkan, pemakaian kostum tradisional, display artefak dan makanan khas, dan juga penampilan tari-tarian tradisional yang dikemas dalam bentuk cerita. Mahasiswa harus dapat menjiwai itu semua walaupun kebudayaan yang dibawakannya bukanlah kebudayaan mereka sendiri.

Tahun 2014 ini, festival yang diberi tajuk “Vacation Land: Let’s travel around the culture” ini dilaksanakan dengan kondisi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pertama, festival  ini biasanya dilaksanakan di pusat Kota Bandung atau di kampusUnpad yang berlokasi di Bandung. Kali ini, penyelenggara mencoba untuk mengadakannya di kampus Unpad Jatinangor, tempat di mana sebagian besar mahasiswa Unpad melakukan kegiatan akademisnya. Kedua, sebelumnya festival ini diikuti oleh seluruh  mahasiswa Fikom Unpad dari berbagai program studi. Setelah ada perubahan kurikulum, peserta festival hanya berasal dari dua program studi tersebut di atas.Hal ini mengakibatkan berkurangnya jumlah budaya yang ditampilkan. Sebelumnya, festival biasanya menampilkan hingga 32 jenis kebudayaan.Di tahun ini, festival hanya diikuti 12 jenis kebudayaan. Namun kemeriahan festival tetapdapat dirasakan karena pengunjung yang datang tetap ramai.

Tarian India dibawakan oleh Mahasiswa Humas C

Tarian India dibawakan oleh Mahasiswa Humas C

Kedua belas jenis kebudayaan yang ditampilkan merupakan perwakilan dari semua benua yang ada di dunia dan dua di antaranya merupakan kebudayaan yang berasal dari Indonesia. Kebudayaan tersebut antara lain: Brazil, Indian, dan Texas Cowboy sebagai wakil dari Benua Amerika; Mesir sebagai wakil Benua Afrika;  Prancis danYunani sebagai wakil Eropa; Korea Selatan, Tiongkok, dan India sebagai wakil Asia; Fiji sebagai wakil kepulauan Pasifik; serta Budaya Sunda dan Nusa Tenggara Timur sebagai dua wakil kebudayaan Indonesia. Setiap kebudayaan dibawakan oleh mahasiswa dengan atraktif dan penjiwaan yang tinggi, disertai kemeriahan dekorasi dan kostum yang kreatif dan representatif.

Stand tiga negara

Stand tiga negara

Festival tahun 2014 ini juga dimeriahkan dengan kehadiran perwakilan dari kedutaan besar Fiji serta pemuda-pemuda dari Uzbekistan dan Vanuatu. Khusus untuk tamu dari Fiji, mereka tidak hanya datang untuk berkunjung, namun juga secara spontanitas ikut serta dalam penampilan kelompok mahasiswa yang membawakan tarian kebudayaan Fiji. Aksi spontanitas tersebut tidak ayal membuat lapangan Ex-Kopma kampus Unpad Jatinangor menjadi semakin meriah dengan teriakan-teriakan khas Fiji dan derai tawa para penonton.

Koordinator acara sekaligus perwakilan dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Lintas Budaya, Dandi Supriadi, S.Sos., MA (SUT), menyatakan harapannya agar festival ini tetap berlangsung setiap tahun sehingga benar-benar menjadi even tahunan khas Unpad yang dinantikan oleh masyarakat. Manfaat kegiatan ini sangat besar, karena selain meningkatkan kreativitas mahasiswa, festival ini telah membuat mereka menjadi lebih open minded terhadap perbedaan-perbedaan di sekitar mereka. (Dansup)