BKI Ajak Mahasiswa Fikom Sebarkan Virus Postif di Sosial Media

 

JATINANGOR – Keputrian Biro Kerohanian Islam Fikom Unpad mengadakan event berjudul Muslimah Youth Symposium (MYS) yang dengan tema “Spotivibes” (Spread Positive Vibe Trough Social Media). Event tersebut digelar pada Sabtu (19/11) di Aula Moestopo, gedung 4 lantai 3 Fikom Unpad. Acara yang khusus diadakan untuk perempuan ini menghadirkan tiga pembicara  inspiratif, yaitu Muzzammil Hasballah, Ta’lim Alif dari Universitas Mercubuana, dan Novie Octavia.

foto-mys-2016

Fenomena remaja yangsaat ini  sering mem-posting hal-hal negatif di sosial media, menjadi latar belakang dipilihnya tema tersebut. Berdasarkan tuturan Ketua Pelaksana MYS tahun ini, Hilwa Nurfitri, anak muda zaman sekarang sering memunculkan hal negatif di media sosial yang kemudian anehnya malah menjadi tren.

“Kita bisa lihat banyak banget yang memuat postingan tentang hal negatif dan menjadi tren di kalangan anak muda”. Kata Hilwa.

Dari keprihatinan tersebut panitia MYS menyusun tema untuk merubah kebiasaan anak muda agar membuat postingan yang tak hanya curhat semata.

“Tujuannya gimana kita bisa membuat diri kita eksis di media sosial, tapi ada pahala di sana.” Ujar Hilwa.

Hilwa juga mengatakan bahwa ia berharap setelah acara ini mahasiswa Fikom bisa memberikan manfaat kepada orang banyak lewat karya-karya mereka.

Sebanyak kurang lebih 150 mahasiswi memenuhi Aula Moestopo. Mereka tak hanya datang dari Fikom Unpad tetapi juga dari beberapa fakultas lain di Unpad. Bahkan tak sedikit pula yang datang dari kampus lain seperti Universitas Islam Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, dan beberapa kampus lain. Panitia acara memang mengundang lembaga dakwah kampus di setiap fakultas untuk mengikuti kegiatan ini.

Acara dimulai sekitar pukul 8.20 pagi, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Muzammil Hasballah. Pemuda asal Aceh ini melantunkan Surat Ar-Rahman dengan merdu. Acara dilanjutkan dengan sesi materi dengan dipandu oleh moderator Dian Chairunnisa. Materi pertama disajilan oleh Novie Ocktavia. Penulis sekaligus blogger ini memberikan materi tentang kepenulisan kepada peserta MYS. Selanjutnya pada sesi kedua materi diberikan oleh rohis Ta’lim Alif dari Fikom Universitas Mercubuana yang terkenal dengan video-video dakwahnya yang lucu dan menarik.

Setelah sesi materi berakhir, acara dilanjutkan dengan talkshow bersama ketiga pembicara dan diakhiri dengan tanya jawab bersama peserta. Sebelum acara benar-benar berakhir, panitia memberikan kejutan bagi peserta dengan mendatangkan bintang tamu “Acapella Kita” dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad. Grup vokal yang terdiri dari empat orang personel ini menyuguhkan hiburan akapela yang diiringi dengan gitar akustik.

 

 

MYS yang ketiga ini disambut baik oleh mahasiswa Fikom maupun diluar Fikom. Seperti salah satunya Diah Elok, perwakilan dari LDF Asy-Syifaa’ Fakultas Kedokteran Unpad, yang mengatakan bahwa acara ini bagus dan isinya mudah dipahami. Ia juga berpesan kepada panitia untuk menyelenggarakan lagi acara ini di tahun depan.

“Lakukan lagi tapi ada lombanya. Misalnya lomba menulis” ujarnya. (Alifia Nuurma Addini/SL)

Profil Mahasiswa

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan

January 6, 2017

Dewi Permata Sari, Omset Bisnisnya Ratusan Juta Rupiah per Bulan
“SEKECIL apapun usaha, setidaknya kita menjadi bos dari usaha tersebut daripada terjun dalam usaha yang besar, namun kita

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu