Bupati Kab.Sukabumi Buka Kegiatan PKM Prodi Humas Fikom Unpad

 
Bupati Kab Sukabumi, H Sukmawijaya (Foto Dok Prodi Humas)

Bupati Kab Sukabumi, H Sukmawijaya (Foto Dok Prodi Humas)

PALABUHANRATU – Bupati Kabupaten Sukabumi H. Sukmawijaya membuka rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) program studi Hubungan Masyakarat Fikom Unpad, Kamis s.d Jumat (16-17/10) di Pelabuhanratu kab Sukabumi Jawa Barat. Peserta kegiatan ini adalah para aparatur pemerintah kabupaten Sukabumi yang tergabung dalam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) yang diikuti oleh pimpinan SKPD, camat dan kepala desa yang berjumlah 200 orang.

Dalam kesempatan ini dilakukan pula penandatanganan naskah kejasama antara Setda Pemkab Sukabumi dengan Prodi Humas Fikom Unpad. Naskah kerjasama ini ditandatangani oleh Sekda Drs. H. Adjo Sardjono, MM dan Kaprodi Humas Fikom Unpad Trie Damayanti, S.Sos., M.Si yang didampingi oleh Dr. Diah Fatma Sjorida, M.Si. Kerjasama ini meliputi kerjasama pelatihan dan pembekalan kehumasan bagi aparatur di lingkungan pemerintahan kabupaten Sukabumi.

Penandatanganan Kerjasama Setda dan Prodi Humas (Foto Prodi Humas)

Penandatanganan Kerjasama Setda dan Prodi Humas (Foto Prodi Humas)

Dalam sambutannya, Bupati Sukmawijaya menyatakan, Profesionalisme seorang aparatur pemerintah, khususnya di bidang kehumasan sangat diperlukan setelah adanya pemberlakuan UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang mewajibkan setiap lembaga yang dibiayai oleh negara harus dapat memberikan informasi yang dikategorikan menjadi milik publik. Dikatakannya workshop ini amat bermanfaat bagi peningkatan pemberdayaan aparatur pemerintah di lingkungan kabupaten Sukabumi, khususnya bagi aparatur yang ditugasi dibidang kehumasan maupun yang bertugas secara fungsional sebagai humas di tiap-tiap SKPD. “Kegiatan ini merupakan kegiatan langka. Karena itu tolong diikuti dengan seksama” ujar Bupati

Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi ini pada hari pertama, diisi dengan penyampaian materi tentang optimalisasi fungsi humas pemerintah oleh Dr. Suwandi Sumartias, M.Si, kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua tentang peran humas pemerintah dalam menghadapi krisis dengan narasumber Dr. Agus Rahmat, M.Pd dan sesi terakhir disampaikan oleh Anwar Sani, S.Sos., M.I.Kom. dengan materi mengelola “hubungan dengan media”. Adapun moderator yang mendampingi penyampaian materi dari setiap sesinya yaitu Fajar Syuderajat, S.Sos., FX Ari Agung Prastowo, S.Sos., M.I.Kom., dan Centurion Chandratama Priyatna, S.Sos., M.Si., Ph.D.

Dr Suwandi Sumartias memberikan materi. (Foto Dok Prodi Humas)

Dr Suwandi Sumartias memberikan materi. (Foto Dok Prodi Humas)

Hari Kedua
Hari kedua kegiatan PKM, dilanjutkan dengan workshop tentang pengelolaan hubungan dengan media terutama mengenai kegiatan konferensi pers. Workshop ini bertujuan agar para aparatur pemerintah di lingkungan pemkab Sukabumi terbiasa dengan pemberian pernyataan informasi ke pihak wartawan tentang isu dan kegiatan yang terjadi di pemerintahan. Dalam pelaksanaan role playing konferensi pers ini mengangkat tema tentang simulasi krisis yang dialami oleh pemerintah kabupaten Sukabumi yang diterpa isu “ekspor TKW”.

 

Sekitar 200 aparat Kab Sukabumi peserta pelatihan. (Foto Dok Prodi Humas)

Sekitar 200 aparat Kab Sukabumi peserta pelatihan. (Foto Dok Prodi Humas)

Kegiatan role playing ini didampingi oleh para dosen program studi Humas Fikom Unpad sebagai fasilitator yang bertugas untuk memberikan arahan rencana penyelenggaraan kegiatan konferensi pers yang efektif. Beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh para peserta workshop yaitu mereka berperan sebagai bupati, kepala dinas yang terkait dan kepala humas yang harus memberikan penjelasan tentang krisis yang dihadapi pemkab Sukabumi kepada para wartawan yang sebelumnya dari bagian humas Setda membentuk tim krisis, tim pemberitaan, dan tim penyelenggaraan event konferensi pers. Sedangkan peran wartawan, “wartawan amplop” dan wartawan bodong dilakukan oleh para dosen prodi Humas Fikom Unpad. (Aat R Nugraha)