Bupati Pangandaran Buka Kegiatan Pengabdian Prodi Mankom dan Ilkom

 

PKM Mankom (Media Kreatif)PARIGI, PANGANDARAN –Bupati Pangandarran Dr. Endjang Naffandy.Drs, M.Si, belum lama ini membuka rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Manajemen Komunikasi dan Prodi Ilmu Komunikasi di Kabupaten Pangandaran. Kegiatan PKM prodi Mankom ini merupakan bentuk nyata dari keberlanjutan kerjasama yang telah dibina sejak tahun 2013 lalu. Hadir dalam acara ini sejumlah pejabat pemkab seperti Kadis Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (KADIS DIKBUDPORA) Kabupaten Pangandaran, Kepala Badan Pengawas Daerah (BAWASDA), Asisten Daerah I (ASDA I), serta tim presidium Kabupaten Pangandaran.

 
Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan dari 31 Oktober s.d. 1 November dilangsungkan di SMA Negeri 1 Parigi. Berbagai jenis pelatihan diselenggarakankan berdasarkan pada analisis data situasi dan analisis kebutuhan dari daerah Kab Pangandaran. Prodi Mankom mengusung lima jenis pelatihan yang diharapkan mampu meningkatkan potensi masyarakat yang tinggal di kabupaten yang baru berumur dua tahun ini. Lima jenis pelatihan tersebut adalah pelatihan public speaking, TOT pengelolaan kegiatan komunikasi pemasaran, pelatihan kewirausahaan, literasi media dan penggunaan media sosial dalam bimbingan konseling.

Penandatanganan Kerjasama anarra Pemkab Pangandaran dan Fikm Unpad. (Foto Jimmy N)

Penandatanganan Kerjasama anarra Pemkab Pangandaran dan Fikm Unpad. (Foto Jimmy N)

Pangandaran sebagai sebuah kabupaten yang masih berusia muda, membutuhkan aparatur pemerintah yang cakap dalam usaha pengembangan daerah. Hal tersebut menjadi dasar bagi tim yang dimotori Koord/Ketua Dept Agus Setiaman, S.Sos., M.I.Kom., wakil Dekan 1 Fikom Unpad Dr.Atwar Bajari, M.Si., Kaprog D3 Dr. Dadang Sugiana, M.Si., dan dosen senior Prodi Mankom Teddy Kurnia, Drs., M.I.Kom. untuk mengadakan kegiatan pelatihan public speaking bagi para aparatur pemerintahan di Kabupaten Pangandaran.

 

Selain itu, letak Kabupaten Pangandaran yang berada di pesisir pantai, menjadikan potensi wisata menjadi unggulan dari daerah ini. Kegiatan promosi diperlukan untuk dapat manarik wisatawan domestik maupun asing untuk datang ke Kabupaten Pangandaran. Hal tersebut mendasari Dr. Iwan Koswara, M.Si., Dr. Asep Suryana, M.Si., Ilham Gemiharto, S.Sos., M.Si. dan Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom. untuk mengadakan Training of Trainer (TOT) mengenai pengelolaan kegiatan komunikasi pemasaran bagi aparatur pemerintah yang berada di bawah Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran.

 

Selain aparatur pemerintah, masyarakat yang merupakan motor penggerak kegiatan pariwisata serta kegiatan industri dan perdagangan, juga memerlukan kemampuan kewirausahaan dan komunikasi pemasaran. Maka dari itu tim yang terdiri dari Dr. Rd. Funny Mustikasari Elita, M.Si., Dr. Anter Venus, M.A.Comm., Dr. Uud Wahyudin, M.Si., serta Dedi Rumawan Erlandia, S.Sos., M.Si. mengadakan pelatihan Kewirausahaan dan Komunikasi Pemasaran bagi Masyarakat untuk Meningkatkan Usaha Ekonomi Produkif.

 

PKM Mankom (Pblik Speaking)Masyarakat di Kabupaten Pangandaran merupakan masyarakat yang terbuka pada perkembangan teknologi, termasuk teknologi komunikasi. Begitu pula bagi para pelajar SMA di Pangandaran yang saat ini sudah tidak asing lagi dengan keberadaan teknologi internet. Terbukti dengan beberapa sekolah menengah atas dan kejuruan yang berada di Kabupaten Pangandaran, sudah dilengkapi dengan fasilitas wi-fi. Kondisi ini menjadi dasar bagi tim pengabdian yang terdiri Ira Mirawati, S.Sos., M.Si., Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.Si. serta Dr. Jenny Ratna Suminar, M.Si., untuk mengadakan pelatihan mengenai pemanfaatan media sosial dalam kegiatan bimbingan konseling bagi guru-guru BK dari berbagai SMA/SMK di Kabupaten Pangandaran.

 

Selain itu, perkembangan teknologi komunikasi juga dirasakan dampaknya bagi para ibu-ibu yang tinggal di Kabupaten Pangandaran. Kemudahan akses bagi anak-anak maupun remaja dalam mendapatkan informasi melalui media komunikasi, mengharuskan para orangtua khususnya para ibu untuk lebih peka terhadap informasi-informasi yang disampaikan oleh media. Oleh karena itu, tim pengabdian yang terdiri Duddy Zein, Drs., M.Si., Dr. Eni Maryani, M.Si., Slamet Mulyana, Drs., M.I.Kom., serta Jimi Narotama S.Sos., M.Si. mengadakan Pelatihan Media Literasi untuk Penggerak PKK di Kabupaten Pangandaran.

PKM Mankom (Hadi S)PKM Prodi Ilkom
Ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun 2014 ini Prodi Manajemen Komunikasi tidak sendirian mengadakan kegiatan pengabdian di Kabupaten Pangandaran.Prodi Ilmu Komunikasi pun turut melaksanakan kegiatan pengabdian di Kabupaten Pangandaran, pada waktu dan tempat yang bersamaan. Sehingga selain kelima pelatihan yang telah dipaparkan di atas, dilaksanakan pula dua pelatihan lainnya yang diusung oleh Prodi Ilmu Komunikasi.

 
Adapun kedua pelatihan tersebut adalah pelatihan Leadership in Practice bagi siswa SMA yang diadakan oleh tim Drs. Roy Robert Rondonuwu, M.Lib., Dr. Purwanti Hadisiwi, M.Exed., Drs. Hadi Suprapto Arifin, M.Si., beserta Weny Widyowati, S.Sos., M.Si., serta Pelatihan Pengembangan Bisnis Media Kreatif bagi Siswa SMA oleh tim Nindi Aristi, S.Sos., M.Comm, M.Kh. Rakhman R., S.Sos., M.Si., Dra. Kismiyati El Karimah, M.Si., dan Drs. Pramono Benjamin, M.Pd.

 
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari tujuh jenis pelatihan ini, dilakukan selama dua hari yang terbagi ke dalam lima sesi pelatihan. Hari pertama diisi dengan pemaparan sejumlah materi pelatihan sedangkan hari kedua lebih pada sisi praktek langsung dari materi yang telah disampaikan sebelumnya.Ada hal menarik yang terjadi dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu terjadinya peningkatan jumlah peserta pada hari kedua.

 
Peningkatan jumlah peserta yang hadir menunjukkan bahwa masyarakat di Kabupaten Pangandaran merasa perlu untuk mengikuti berbagai pelatihan yang dilakukan oleh tim dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, sekaligus menjadi bukti bahwa kegiatan pengabdian yang dilakukan kepada masyarakat di Kabupaten Pangandaran ini berjalan dengan sukses. (MER)