“Career Day Fikom 2015”, Bimbingan Karir bersama PT. Unilever

 
Carier Day Fikom Unpad. (Foto Suwito).

Carier Day Fikom Unpad. (Foto Suwito).

JATINANGOR – Tim Pelaksana Bimbingan dan Konseling (TPBK) Fikom Unpad bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kreatifitas dan Kegiatan Mahasiswa (P2K2M) Fikom Unpad Selasa, (19/5) menyelenggarakan kegiatan bimbingan karir di Ruang Oemi Abdurrahman Fikom Unpad. Sharing session ini menghadirkan dua pembicara dari PT. Unilever, Taman Hadiana selaku Key Account Manager Ice Cream PT. Unilever dan Irwan Dewanto selaku Human Resource Development PT. Unilever.

 
Acara ini dibuka oleh FX Ari Agung Prastowo MSi selaku Ketua P2K2M Fikom Unpad dan sambutan oleh Dr. Jenny Ratna Suminar yang memaparkan tentang Tim Pelaksana Bimbingan Konseling (TPBK).

 
“Bimbingan karir merupakan layanan pemenuhan kebutuhan mahasiswa agar dapat mengenal dan memahami diri, mengenal dunia kerja, dan mengembangkan masa depan yang sesuai dengan bentuk kehidupan yang diharapkan,” ungkap Jenny. Sesuai dengan tema acara yang digagas juga oleh Dr. Nuryah Asri Sjafirah selaku Ketua TPBK Fikom Unpad, yaitu “Menggali Potensi Diri, Meraih Masa Depan.”

 
Sebagai tim HRD PT.Unilever, Irwan Dewanto memaparkan tentang proses rekruitmen untuk karyawan PT.Unilever. Ia juga menekankan poin-poin penting yang harus dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja.

 
“Persyaratan IPK menjadi sangat penting karena kami sebagai tim HRD menilai komitmen anda pada studi. Hal kedua adalah kemampuan beradaptasi (adaptability) karena dunia kerja sangat bervariasi dan penuh tantangan,” ujar Irwan. Lebih lanjut, Irwan menjelaskan tentang management training di PT. Unilever. “Ada dua program di PT. Unilever yaitu ULIP (Unilever Internship Program) untuk magang dan UFLP (Unilever Future Leader Program) untuk perekrutan karyawan yang dilatih selama 3 tahun untuk menjadi manajer.

 
Bekerja Fleksibel
Key Account Manager for Ice cream Modern Trade, Taman Hadiana yang juga alumni Fikom Unpad angkatan ’97, berbagi kisah karirnya selama hampir 14 tahun bekerja di PT. Unilever sebagai “bapak es krim Walls”. “Es krim, inilah yang membawa karir saya berkembang di bagian sales,” papar Taman.

 

Dua pembicara ini juga menceritakan pengalaman mereka bekerja di PT. Unilever yang sangat fleksibel namun tetap patuh pada standar operasi kerja. “Agile working di PT. Unilever memberikan kesempatan kepada saya untuk bekerja dimana saja dan kapan saja tanpa harus ke kantor,” ungkap Irwan yang menyukai cara kerjanya sambil berjalan-jalan. (Evelynd)