Communication Lab Video Editing Volume 1 Hima Ilkom

 

(JATINANGOR) – Pada tanggal 4 April 2018 pukul 16.25 WIB, PSDM Non Akademik, Divisi Minat dan Bakat HIMA Ilkom merealisasikan program kerja berbentuk kolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa TV dan Film. Bentuk dari proker ini yaitu berupa workshop video editing. Workshop ini diperuntukkan untuk mahasiswa dari program studi mana saja dan diwajibkan kepada mahasiswa baru Ilmu komunikasi, yaitu mahasiswa Ilmu Komunikasi 2017. Pada pembukaan acara workshop ini dibuka oleh seorang MC yaitu Gagas Cakrawala, Ilkom 2016 yang diiringi dengan kata sambutan dari ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fatwa A.F. Setelah itu juga disambung dengan kata sambutan dari ketua divisi Minat dan Bakat, Reihan Aditya. Tujuan dari kegiatan ini sendiri untuk menjalin kerja sama anatra Himpunan Mahasiswa, membangun minat dan bakat mahasiswa Fikom Unpad, serta menjadikan acara Colab sebagai wadah dalam mempelajari video editing karena video editing sering digunakan dalam pembuatan tugas terkhusus di Fikom Unpad sendiri.

Pada sesi pertama, pembicara yaitu Muhammad Ryo Arbani, mahasiswa TV dan Film 2015 memaparkan materi mengenai basic editing terlebih dahulu. Adapun hal – hal yang harus diperhatikan dalam video editing yaitu yang pertama menentukan cerita awal dan akhir pada video yang akan dibuat. Kedua, memilih video musik yang disukai dengan memperhatikan perpindahan video satu dengan yang lainnya, yang nantikan harus disesuaikan berdasarkan ritme, suasana, feel maupun kondisi lingkungan ataupun objek pada video tersebut. Ketiga, memahami Kulshov Effect, yaitu keterkaitan satu scene dengan scene lainnya atau pemaknaan satu gambar dengan yang lainnya.

Berangkat dari sesi pertama, penjelasan basic editing, lanjut kepada penjelasan kepada peserta workshop mengenai praktik editing menggunakan aplikasi video editing Premier cc 2018. Pada praktik ini pembicara mengarahkan bagaimana melakukan dasar dalam mengedit video, seperti menerapkan teknik dari pembuatan cerita yang memiliki keterkaitan, Kulshov Effect serta penerapan effect yang sesuai dengan ritme musik videonya.

Dengan adanya workshop COLAB Vol 1, Communication Lab Video Editing Volum1 dari Departemen PSDM Non-Akademik Divisi Minat Bakat diharapkan mahasiswa sebagai peserta workshop dapat menerapkannya pada tugas – tugas yang nanti memiliki keterkaitan dengan video editing dimana sebagian besar mahasiswa Fikom Unpad melakukan tugas dengan hasil akhir video ataupun film pendek.

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.




Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu