Dadang Rahmat, Era Digital Ubah Pola Hidup dan Budaya Masyarakat Indonesia

 

DRH-di-Aspikom-edit

MEDAN – Era digital sekarang ini telah merubah pola hidup dan budaya masyarakat Indonesia. Hal ini sejalan dengan makin majunya teknologi komunikasi dan informasi serta tingginya pengguna internet di Indonesia. Era ini pun berpengaruh terhadap segala bidang.

Dekan Fikom Unpad, Dr.Dadang Rahmat S.Sos,SH, MSi mengungkapkan hal itu  dalam Seminar Nasional “Kesiapan dan Daya Saing di Era Komunikasi Digital” di Hotel Madani Medan Sumut. Seminar ini merupakan rangkaian acara Kongres ke-4 Aspikom yang  berlangsung dari 10 hingga 13 Mei di Medan.

Orang Indonesia menurut beberapa hasil survey, ungkap Dadang saat ini telah menjadi masyarakat digital karena dari segi kuantitas pengguna internet di negeri ini mencapai lebih dari 139 juta orang. Orang Indonesia pun menghabiskan waktunya untuk membuka internet rata-rata sekitar 3 jam/hari.

“Indonesia juga menjadi negara ke-empat terbesar pengguna media sosial Facebook” ujar Dadang. Sebanyak 75% pengguna FB mengaksesnya dari telepon pintar, karena itu Indonesia pun menjadi salah satu negara terbesar pengguna telepon pintar di dunia.

Sayangnya, sambung Dadang mengutip pernyataan guru besar Fikom Unpad Prof.Dr.Engkus Kuswarno, pengguna smartphone di Indonesia belum menjadi smart person, akibatnya masih sering terjadi aneka masalah dalam penyebaran informasi melalui telepon pintar ini.

Bidang lainnya juga ikut terpengaruh oleh kehadiran internet dan smartphone ini, baik dari segi politik, ekonomi, sosial budaya dan lainnya.

“Kehadiran Gojek saja yang memanfaatkan kecanggihan teknologi komunikasi ini telah mengubah pola penggunaan transportasi konvensional di Indonesia sehingga membuat kelabakan dan gejolak para pengelola transportasi umum yang masih beroperasi secara konvensional” ungkap Dadang. (AA)