Dadang Rahmat Hidayat, Dekan Baru Fikom Unpad 2016-2021

 
DRH-Dekan-edit

Dr. Dadang Rahmat Hidayat, MSi (Foto www.antaranews.com)

JATINANGOR – Dr.Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos, SH, MSi, terpilih sebagai Dekan Fikom Unpad periode 2016-2021. Dadang yang saat ini menjabat sebagai Ketua Program Studi Ilmu Jurnalistik Fikom Unpad ini akan menggantikan Prof. H.Deddy Mulyana,MA, PhD yang sudah mengabdi sebagai dekan selama dua periode.

 
Selain itu, Dr.Dadang Sugiana,MSi dan Dr H.Edwin Rizal,MSi masing-masing terplih juga sebagai Wakil Dekan 1 dan Wakil Dekan 2 Fikom Unpad. Keduanya masing-masing akan menggantikan Dr. Atwar Bajari, MSi dan Dr.Hj.Susane Dida MM yang juga sudah menjabat dua periode. Dadang dan Edwin sebelumnya juga dikenal sebagai duet Ketua dan Sekretaris Program Diploma 3 Fikom Unpad.

Edwin-Dadang-edit

Dr. Edwin Rizal MSi dan Dr. dadang Sugiana, MSi (Foto dokumentasi Fikom Unpad)

Pemilihan Dekan dan Wakil Dekan secara bersamaan ini menggunakan pola baru dalam sejarah Unpad yang saat ini berusia 58 tahun. Pemilihan Dekan yang sebelumnya dilakukan oleh Senat Fakultas, sekarang dilakukan melalui rekruitmen yang informasinya dilakukan secara terbuka melalui media massa. Setiap orang yang memiliki syarat boleh mendaftar menjadi calon dekan dan calon wakil dekan. Hal ini berlangsung mengingat Unpad telah berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

 

Semua calon pimpinan fakultas diseleksi dengan berbagai test seperti test psikologi, kesehatan, pengetahuan tentang keunpadan, serta untuk calon dekan harus melakukan debat terbuka di hadapan civitas akademika fakultas yang langsung dihadiri oleh rektor dan para wakil rektor. Dari Fikom ikut mendaftarkan diri masing-masing dua orang calon dekan dan wakil dekan.

 

Aktivis
Terpilihnya Dadang Rahmat sebagai dekan tidak mengagetkan banyak orang karena Dadang yang masuk ke Fikom Unpad angkatan 1986 ini dikenal sebagai aktivis dalam berbagai kegiatan semasa mahasiswa maupun selepas lulus dan menjadi dosen Prodi Jurnalistik.

 
Semasa mahasiswa Dadang pernah menjadi Komandan Batalyon II Resimen Mahasiswa (Dan Yon II Menwa) Unpad, di luar kampus dia juga aktif sebagai pengurus FKPPI Jabar, Wakil Ketua KNPI Jabar. Selepas lulus dari Fikom Unpad dia menjadi dosen Unpad, dan sempat menduduki berbagai jabatan diantaranya, Sekretaris Jurusan Jurnalistik, Pembantu Dekan III Fikom Unpad, sedangkan di luar kampus menjadi ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jabar, dan Ketua KPI Pusat di Jakarta. (AA)