Dalam Sehari, Tiga SMA di Jakarta, Bogor dan Depok Kunjungi Fikom Unpad

 
SMA Bogor dan Depok

Guru SMAN 10 Depok dan SMAN 2 Bogor berfoto bersama Kepala Humas Fikom Unpad (Foto MS)

JATINANGOR – Fikom Unpad yang terkenal sebagai sekolah terbaik di bidang komunikasi memang tak pernah sepi akan kunjungan SMA dari berbagai penjuru Indonesia. Terbukti pada Selasa (05/04), Fikom Unpad menerima kedatangan tiga SMA, yakni SMAN 2 Kota Bogor, SMAN 10 Depok, dan SMAN 81 Jakarta.

Rombongan SMAN 2 Bogor dan SMAN 10 Depok disambut secara bersamaan di pagi hari sedangkan rombongan SMAN 81 Jakarta pada siang hari. Ketiga SMA ini diterima dengan hangat oleh Syauqi Lukman, S.Sos, MSM, Kepala Humas Fikom Unpad, di Aula Moestopo Gedung 4, Kampus Fikom Unpad Jatinangor.

Pada dasarnya, kunjungan ketiga sekolah ini bertujuan untuk mengenal Fikom Unpad sehingga menambah motivasi murid-muridnya untuk menggapai mimpi mereka berkuliah di salah satu fakultas terbaik di Unpad, yaitu Fikom Unpad.

Edi Setiawan, S.Pd, ketua rombongan SMAN 2 Kota Bogor yang terdiri dari 101 siswa kelas X SMAN 2 Kota Bogor dan 10 guru pendamping, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesediaan Fikom Unpad menerima mereka.

“Ini adalah kunjungan ketiga kami ke Fikom Unpad. Kami sudah bertemu beberapa alumni dari SMA kami yang berkuliah di Fikom Unpad dan mudah-mudahan banyak juga siswa kami yang akan diterima di sini”, tutur Edi.

Sedangkan rombongan SMAN 10 Depok yang diwakili oleh Heri S.Kom, Humas SMAN 10 Depok, pun turut menyampaikan rasa bahagianya karena Fikom Unpad bersedia menerima kunjungan pertama mereka. Sekolah yang baru berusia dua tahun ini mengirimkan 43 orang siswa kelas XI IPS didampingi oleh 3 orang guru untuk mengunjungi Fikom Unpad.

“Program ini merupakan bagian dari School Go Campus yang memberikan informasi mengenai pengenalan studi setelah lulus SMA kepada siswa”, ungkap Heri.

SMAN 81 Jakarta

Rombongan SMAN 81 Jakarta hadir sedikit berbeda, di mana rombongan yang hadir terdiri dari 60 siswa dan 4 orang tua murid pendamping. Betul, para siswa didampingi oleh orang tuanya, bukan oleh para guru. Mereka mengunjungi Fikom Unpad dengan tujuan yang sama dengan dua sekolah sebelumnya, yakni memperkenalkan Fikom Unpad dan iklim perguruan tinggi kepada anak-anak mereka. “Maklum, Pak, sejak Ahok (Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI) menjabat, aturan mengenai pungutan siswa menjadi lebih ketat. Pihak sekolah tidak mau mengambil risiko untuk kegiatan study tour seperti yang kami lakukan, jadi ortu murid inisiatif untuk kegiatan kunjungan ini,” demikian jelas Ibu Anis, orang tua murid yang menjadi kepala rombongan SMAN 81. Putri Ibu Anis turut hadir sebagai salah satu peserta dalam kegiatan kunjungan di Fikom Unpad.

Syauqy Lukman, S.Sos, MSM, menyampaikan rasa bangganya akan kedatangan sekolah-sekolah ini ke Fikom Unpad. Ia mengungkapkan bahwa kunjungan seperti ini merupakan salah satu cara untuk mengenal dan menyayangi Fikom Unpad karena ada pepatah berkata “tak kenal maka tak sayang”.

Semua rombongan dari tiga sekolah ini disuguhi video profil yang memperkenalkan Universitas Padjadjaran dan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. Mereka mendapatkan informasi mengenai Fikom Unpad, mulai dari sejarah, program studi, kegiatan kemahasiswaan, aktivitas mahasiswa di dalam dan luar negeri, sarana belajar, dan penghargaan yang didapatkan oleh Fikom Unpad sebagai sekolah komunikasi terbaik di Indonesia selama 6 tahun berturut-turut.

Tidak hanya itu, Putra dan Putri Fikom 2015, Yuka dan Venny pun turut menambah warna kunjungan ketiga SMA ini dengan berbagi pengalaman mereka selama berkuliah di Fikom Unpad. Banyak hal menarik yang diceritakan oleh dua orang mahasiswa Prodi Ilkom ini, tentang jalur masuk Fikom Unpad, pendapat mengenai Jatinangor, tempat tinggal dan kost di sekitar Unpad, sampai tips menghemat uang jajan sebagai mahasiswa. Yuka dan Venny memandu acara kunjungan pagi hari, dari SMAN 2 Kota Bogor dan SMAN 10 Depok. Sedangkan di siang harinya acara dipandu oleh Gwyneth dan Jihan dari prodi Humas 2015.

Di penghujung acara, ketiga sekolah ini mengabadikan momen kebersamaan di Fikom Unpad dengan bertukar cinderamata dan berfoto bersama. (Margaretha Sinaga/Ayu Puspa Yurita/ Inayah Zahra)