Deakin University Ajak Fikom Unpad Penelitian Bersama

 
 Dr. Jemma Purdey dosen Deakin University Australia. (Foto Suwito)

Dr. Jemma Purdey dosen Deakin University Australia. (Foto Suwito)

JATINANGOR– Peneliti dari Deakin University, Dr. Jemma Purdey mengajak dosen dan mahasiswa Program Pascasarjana Fikom Unpad untuk melakukan penelitian bersama. Ajakan ini disampaikan Jemma Purdey pada kuliah umum bertajuk ‘Cross Cultural Communication Australia vs Indonesia’ di kampus Fikom Unpad, Rabu (11/02) lalu.

 

Jemma saat ini sedang meneliti tentang pengalaman mahasiswa Indonesia selama belajar di Australia. Dia mewawancarai sejumlah mahasiswa pertukaran Indonesia mulai dari generasi pertama. Penelitian ini berusaha melihat efek program yang sudah berlangsung 60 tahun ini. Menurut Jemma, Indonesia salah satu penerima beasiswa terbanyak selain Malaysia.

 

 

Dekan Fikom Unpad, Prof Deddy Mulyana, Moderator Maimon Herawati dan Jemma Purdey.

Dekan Fikom Unpad, Prof Deddy Mulyana, Moderator Maimon Herawati dan Jemma Purdey.

Secara umum, ungkap Jemma, bangsa Australia dan Indonesia kurang mengerti satu sama lain. “Penelitian ini menunjukkan program pertukaran mahasiswa antar dua negara ini menghasilkan tingkat kepahaman satu sama lain dengan sangat baik,” jelas Jemma. Dengan demikian, hubungan bilateral dua negara yang sering naik turun bisa lebih stabil karena pengaruh positif duta-duta budaya di dua negara ini. Demikian harapan Jemma.
Kuliah umum dihadiri dosen dan mahasiswa Program Pasca Sarjana Fikom Unpad dan dibuka oleh Dekan Fikom Unpad, Prof. Dr. Deddy Mulyana. Usai kuliah umum, Unpad dan Deakin menjajaki kemungkinan pelaksanaan penelitian bersama dengan topik-topik serupa. (MAIMON HERAWATI)