Debat Calon Ketua BEM Fikom Unpad

 
Rinaldi M Azka dan Rivi Satrianagara (Foto Dina Gurning)

Rinaldi M Azka dan Rivi Satrianagara (Foto Dina Gurning)

JATINANGOR – Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) Fikom Unpad, Senin (18/5) menggelar debat calon ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fikom Unpad periode 2015-2016 di Kampus Fikom Unpad, Jatinangor. Tiga calon ketua BEM tersebut adalah Buala Jeffry, (Ilmu Komunikasi 2013) sebagai kandidat 1, Rinaldi Mohammad Azka, (Jurnalistik 2012) sebagai kandidat 2, dan Rivi Satrianegara, (Jurnalistik 2012) sebagai kandidat 3.

 
Dari ketiga calon, kandidat 1 berhalangan hadir dan akhirnya mengundurkan diri dari proses pemilihan. Ketua Hima Jurnalistik (HMJ), Ilman Sudarwan, hadir sebagai moderator debat. Ketua Hima Manajemen Komunikasi (Mankom), Veza Aditya, dan Ketua BEM Fikom Unpad periode 2014, Rasyid Wicaksono, tampil sebagai panelis. Acara yang dihadiri oleh sekitar 60 mahasiswa perwakilan dari berbagai himpunan dan unit kegiatan di Fikom ini dibuka dengan penjelasan visi dan misi masing-masing kandidat.

 
Azka mengedepankan perubahan atau metamorfosis dari sistem senat ke sistem BEM. Menurut Azka, perubahan tersebut membutuhkan kerjasama dari segala pihak. Sedangkan Rivi mengedepankan bagaimana mahasiswa Fikom Unpad merasakan manfaat dan dampak dari kinerja BEM. Rivi juga berpendapat, sistem komunikasi adalah suatu hal yang penting dalam sebuah organisasi.

 
Saat ditanya mengenai kekurangan masing-masing dalam bekerja di suatu organisasi, kedua kandidat mengaku sering menemui kesulitan saat mengatur waktu. “Saat ini saya masih berusaha untuk meredam kekurangan tersebut, terutama bila saya terpilih, saya akan mengurutkan derajat prioritas dalam melakukan aktivitas,” ujar Azka.

 
Keduanya juga satu suara saat berbicara mengenai pentingnya advokasi mahasiswa. “Advokasi itu pembelaan. Dalam kampus, advokasi sangat berperan dalam keberlanjutan perkuliahan mahasiswa. Maka dari itu, advokasi harus jadi salah satu bidang yang difasilitasi oleh BEM,” ujar Rivi.

 
“Kedua calon memiliki kekuatan dan kelemahan yang seimbang. Apalagi, mengingat keduanya bagian dari pengurus BEM periode sebelumnya,” ujar Rasyid. Pada periode sebelumnya, Azka menjabat sebagai Wakil Ketua BEM dan Rivi menjabat sebagai Kepala Divisi Hubungan Eksternal.

 
Pemilihan ketua BEM akan dilaksanakan pada 21 Mei mendatang dengan sistem musyawarah antara perwakilan mahasiswa dari himpunan dan unit kegiatan. Acara pemilihan dilaksanakan bersama laporan pertanggungjawaban BEM dan BPM periode sebelumnya. (Dina Gurning)