Departemen Komunikasi dan Informasi Fikom Unpad Gelar Orientasi bagi Dosen Baru

 

Orientasi-Dosen-1-edit

JATINANGOR – Departemen Komunikasi dan Informasi Fikom Unpad mengadakan Orientasi bagi Dosen Baru Fikom Unpad untuk CPNS Dosen Tahun 2014. Orientasi ini dilaksanakan di Ruang Pleno, Gedung 1 Fikom Unpad Jatiangor, Senin (28/12). Diharapkan dari kegiatan ini dosen baru memahami lingkungan kerja yang ada di Fikom Unpad serta memahami bidang pekerjaannya yang terkait dengan tridharma perguruan tinggi, yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta aspek penunjang lainnya.

 
Kegiatan ini diikuti oleh 12 orang Dosen CPNS, dan dibuka langsung oleh Dekan Fikom Unpad Prof. Deddy Mulyana, Ph.D. sekaligus sebagai narasumber dalam serta dihadiri oleh Ketua Departemen Komunikasi dan Informasi Fikom Unpad Dr. Asep Suryana, M.Si. serta Kepala Bagian Tata Usaha Fikom Unpad Tatang Budiman, S.IP., M.M.

 
Materi orientasi diawali pemaparan dari Prof. Deddy tentang capaian dan tantangan Fikom Unpad di tahun mendatang serta memberikan motivasi kepada para peserta untuk menjadi akademisi yang berintegritas serta memiliki moralitas yang tinggi.
Orientasi-Dosen-2-edit

Narasumber lainnya, Wakil Dekan I Bidang Pembelajaran & Kemahasiswaan Dr. Atwar Bajari, M.Si yang memaparkan tentang pengenalan unit-unit di bidang akademik, inovasi dan kerjasama beserta tugas fungsi dosen sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen UU yang terkait dengan tridharma perguruan tinggi. Atwar berharap para dosen baru dapat meningkatkan reputasi Fikom Unpad lebih baik lagi dan medorong dosen baru nantinya terlibat dalam riset kompetitif nasional.

 
Wakil Dekan II Bidang Keuangan, SDM & Tata Kelola Dr. Susanne Dida, M.M. memaparkan tentang pengenalan unit-unit di bidang perencanaan, sistem informasi, tata kelola dan sumber daya beserta peranan dan fungsinya. Susanne menekankan pada peningkatan mutu akademik dosen, melalui pemetaan yang dilakukan oleh departemen dan memberi kesempatan pengembangan ilmu melalui pembentukan pusat studi sebagai laboratorium keilmuan di Fikom Unpad. “Dosen harus kerja keras, bahu membahu, bangun fikom lebih baik” papar Susanne.

 
Pemaparan tentang seputar aktivitas kemahasiswaan yang ada di Fikom Unpad disampaikan oleh Ketua P2K2M Fikom Unpad FX Ari Agung Prastowo, M.I.Kom. Dia berharap para dosen baru dapat terlibat dalam pembinaan berbagai kegiatan kemahasiswaan yang ada di Fikom Unpad mulai dari HIMA, UKM serta menjadi pembimbing proposal PKM 5 Bidang Dikti.

 
Acara ditutup oleh Ketua Departemen Komunikasi dan Informasi Fikom Unpad Dr. Asep Suryana, M.Si. sekaligus sebagai ketua panitia orientasi. Dalam penutupan dikemukakan, kegiatan ini akan terus berlanjut dalam rangka peningkatan kapasitas dan profesionalisme dosen. Para dosen baru nantinya di tahun 2016 akan ditempatkan di masing-masing unit kerja yang ada di Fikom Unpad dan setiap satu bulan sekali akan di pindah ke unit kerja yang lainnya sehingga dosen baru memahami lingkungan kerja yang ada di Fikom Unpad dengan baik. (Andrianto).