Departemen Komunikasi Fisip USU, Kunjungi Fikom Unpad.

 
Foto bersama di depan gedung Dekanat. (Foto Suwito)

Foto bersama di depan gedung Dekanat. (Foto Suwito)

JATINANGOR – Sebanyak 50 orang mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (IMAJINASI) FISIP Universitas Sumetera Utara, Selasa (16/11) mengunjungi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Rombongan yang dipimpin oleh Dr. Iskandar Zulkarnain, M.Si disambut Wakil Dekan I Dr. Atwar Bajari dan Aang Koswara, M.Si selaku Koordinator Humas Fikom Unpad.

“Study Tour ke Fikom Unpad ini bertujuan untuk mencari sumber referensi pengembangan kegiatan akademis dan praktis bagi mahasiswa-mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU,” papar Reza Fahlevi selaku Ketua Pelaksana Study Tour ini.

Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP USU saat ini memiliki tiga konsentrasi, yaitu Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan (Advertising). “Fikom Unpad menjadi acuan kami untuk pengembangan Ilmu Komunikasi FISIP USU,” ungkap Dr. Iskandar Zulkarnain. Ketua IMAJINASI FISIP USU, Yudha Ikhsan menambahkan,”Kunjungan ini menjadi langkah awal untuk menjalin kerjasama dengan Fikom Unpad sebagai mitra yang baik karena ilmu yang dibagi tidak akan pernah habis. Kami merasa kunjungan ini adalah momen berharga demi terjalinnya partnership.”

Dalam diskusi antar mahasiswa yang dipandu oleh Ketua BEM Fikom Unpad, M. Rasyid Wicaksono, antusiasme mahasiswa FISIP USU terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan. Mereka menanyakan tentang kegiatan mahasiswa Fikom Unpad di luar perkuliahan, kerjasama antar himpunan, dan ide-ide pengembangan konsentrasi periklanan yang masih baru di jurusan Ilmu Komunikasi FISIP USU. Dalam diskusi ini juga hadir perwakilan dari tiap himpunan jurusan di Fikom Unpad, seperti Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, Manajemen Komunikasi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Periklanan, Penyiaran, Komunikasi Bisnis, dan Kehumasan.

Setelah diskusi, rombongan FISIP USU berkeliling kampus Fikom Unpad untuk melihat laboratorium radio, TV, grafika, dan fasilitas lainnya. Selain mengunjungi kampus Fikom Unpad, rombongan ini juga berkunjung ke Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung. Study Tour selama 4 hari ini juga dimanfaatkan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP USU untuk mengunjungi beberapa media cetak dan elektronik seperti Pikiran Rakyat, Metro TV, dan NET TV. (evelynd)