Diah Pitaloka, Si “Kecil-kecil Okem ini, kini Anggota DPR RI.

 

Diah-Pitaloka-2-edit

DIAH Pitaloka, anggota DPR-RI periode 2014-2015 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, selalu tertukar namanya dengan Rike Diah Pitaloka sama-sama anggota DPR-RI dari Fraksi yang sama, FPDIP.. Namun, Diah Pitaloka yang ini adalah Diah Pitaloka alumni Prodi Jurnalistik Fikom Unpad.

Cikem, sapaan yang akrab dilontarkan teman-teman Diah sejak SMA yang berarti kecil-kecil okem, adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Diah duduk sebagai anggota DPR-RI periode 2014-2019 di komisi II dari PDI-Perjuangan dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar III meliputi Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.

Semasa kuliah di Fikom Unpad, antara 1996-2004 ia aktif di pers kampus dan menjadi aktivis di Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Diah pernah bercita-cita menjadi seorang wartawan. Namun, setelah paham industri media yang menurutnya berat untuk mencapai idealisme karena adanya kepentingan media di belakangnya membuat wanita kelahiran Cilacap ini berpindah haluan ke dunia politik.

“Melihat kondisi media saat ini yang cenderung parsial, tidak komprehensif, dan lebih banyak mementingkan industri media. Harapan saya untuk generasi muda jurnal yaitu harus berusaha mengubah media Indonesia. Supaya bisa berkontribusi untuk perubahan negeri. Kalo bisa menjadi pemilik media,” harap Diah ketika diwawancara via telepon beberapa waktu lalu..

Wanita yang senang “nyupir” baik bersepeda  motor atau mengemudikan mobil ini, meraih gelar sarjana di Prodi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran pada 2004. Ia melanjutkan studinya ke jenjang S-2 di Prodi Hubungan Internasional Universitas Parahyangan.

Sebelum menduduki kursi di Senayan, Diah pernah mengalami kekalahan sebagai Caleg DPR-RI di Subang tahun 2004. Namun, hal tersebut tak membuatnya menyerah. Ia pernah menjabat sebagai staf Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat 2008-2012 dan Anggota Departemen Hubungan Internasional DPP PDIP 2010-2015.

Kariernya di dunia politik telah mengantarkan kaki wanita berjilbab ini ke beberapa negara. “Saya pernah ke China, Australia, Amerika, dan negara lainnya dalam kepentingan hubungan politik dengan partai luar saat menjadi Anggota Departemen Hubungan Internasional DPP PDIP,” papar Diah. (Resti Octaviani)