Dies Natalis ke-57 Fikom Unpad, Komunikasi Merajut Kebhinnekaan Menuju Persatuan Bangsa

 

Agenda

PROCEN 2017: NATION BRANDING

Date: November 15, 2017

Time: 8:00-17:00

Location: Auditorium Gedung Pascasarjana Fikom Unpad

SEMINAR NASIONAL PROCEN 2017 “NATION BRANDING”

Rabu, 15 November 2017 | Gd. Pascasarjana Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor Sumedang

Seminar Nasional Humas PROCEN 2017 menerima artikel ilmiah dengan tema-tema Hubungan Masyarakat (Public Relations) dan Kajian Ilmu Komunikasi yang bersifat teoretis maupun praktis dengan tema utama “NATION BRANDING”.

 

 

JATINANGORHoax, hate speech, online bullying. Tiga hal tersebut menjadi sebagian dari beberapa masalah komunikasi di jagad daring akhir-akhir ini di Indonesia. Internet, yang merupakan buah dari kemajuan teknologi peradaban, mendorong perkembangan teknologi yang luar biasa, sehingga menghadirkan beragam platform komunikasi yang makin memudahkan manusia untuk bertukar informasi, saling berhubungan, mencari informasi, dan melakukan aktivitas komunikasi lainnya. Jarak dan waktu, bukan lagi menjadi menjadi masalah dalam komunikasi di era internet. Komunikasi seharusnya menjadi lebih mudah dengan internet. Namun kualitas komunikasi tidak menjadi lebih baik dengan internet. Komunikasi di era internet justru menjadi sumber masalah ketimbang menjadi solusi issue-issue kebangsaan.

Menyikapi hal tersebut, Fakultas Ilmu Komunikasi memilih tema “Komunikasi Merajut Kebhinnekaan Menuju Persatuan Bangsa” menyambut momentum Dies Natalis ke-57 pada Senin (18/9/2017). Tema ini bukan sekedar dijadikan tema acara yang muluk, namun diniatkan oleh Fikom Unpad untuk menjadi kampanye komunikasi yang akan ditularkan kepada bangsa Indonesia, diawali dari civitas academica dan alumni Fikom Unpad. Salah satu tanggung jawab insan akademik, adalah berkontribusi dalam kemajuan bidang keilmuannya,dan bagi Fikom Unpad, penting untuk berkontribusi dalam mendorong kesadaran bangsa untuk berkomunkasi secara lebih baik. Menggunakan tagar  #KAMIKOMUNIAKSI, Fikom Unpad akan mengkampanyekan penggunaan komunikasi sebagai solusi permasalah bangsa menggunakan berbagai platform media. Harapannya, gerakan ini akan sedikit banyak membantu kesadaran masyarakat untuk berkomunikasi dengan baik.

Pelaksanaan Orasi Ilmiah dalam rangka Dies Natalis Fikom dan Pidato Tahunan Dekan

Sudah menjadi tradisi akademik bagi institusi pendidikan untuk merayakan Dies Natalis dengan melaksanakan orasi ilmiah dan penyampaian pidato tahunan dekan. Kegiatan ini bertempat di Auditorium Gedung Pascasarjana Fikom Unpad, dengan pemaparan orasi ilmiah oleh Dr. Siti Karlinah, M.Si., dosen prodi Jurnalistik, ketua Senat Akademik Fikom Unpad.

Siti Karlinah adalah seorang pengamat media televisi dan sangat concern dengan issue peran media massa sebagai gatekeeper informasi bagi masyarakat, satu peran yang dirasa kurang dimainkan secara bijak oleh aktor-aktor media massa akhir-akhir ini. Dalam orasi ilmiahnya yang bertajuk “Gatekeeper Media di Tengah Keragaman Masyarakat Indonesia”, Siti Karlinah menyoroti tentang masyarakat Indonesia yang sangat beragam latar belakang dan kepentingan dan bagaimana seharusnya media memainkan perannya sebagai gatekeeper dengan baik. Gatekeeper memiliki kuasa menghapus sebuah pesan/informasi, dapat meningkatkan tingkat kepentingan/urgensi suatu pesan atau sebaliknya dapat menguranginya.

“Gatekepeer dituntut untuk bersikap netral dan objektif dalam melaporkan sebuah isu. Faktanya dalam menjalankan tugasnya, gatekeeper tidak selamanya bisa bersikap netral. Gesekan antara objektivitas media dan kepentingan lain di luar meja redaksi menjadi hal yang tidak asing lagi,” demikian papar Siti Karlinah terkait tantangan peran media menjadi gatekeeper.

Di waktu yang bersamaan, sebelum pelaksanaan orasi ilmiah, Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Rahmat, S.Sos., SH., M.Si, terlebih dahulu menyampaikan pidato tahunan dekan di hadapan Rektor Unpad, Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr.dan segenap jajaran pimpinan Universitas Padjadjaran lainnya. Dadang Rahmat dalam pidatonya memberikan laporan terkait program-program kerja Fikom Unpad, prestasi dan karya dari dosen dan mahasiswa, aktivitas akademik, pengabdian, penelitian, dan beragam informasi lainnya. Salah satu highlight dari pidato Dadang Rahmat, adalah terkait berdirinya Media Center Unpad yang digawangi oleh dosen dan mahasiswa Fikom Unpad.

“Media Center (Unpad), meski banyak kendala dan tantangan namun sudah beroperasi. Saat ini sudah bisa dinikmati siaran teresterial TV Unpad,  siaran radio dan kanal online. Kami tetap bertekad agar Media Center ini menjadi salah satu champion program Universitas Padjadjaran melalui pengelolaan Fakultas Ilmu Komunikasi,” papar Dadang Rahmat. Unpad telah mencanangkan untuk mendorong Media Center menjadi alternatif media informasi di Jatinangor dan sekitarnya, melalui platform TV terrestrial, radio siar dan online, serta media daring.

Lepas pelaksanaan pidato tahunan dekan dan orasi ilmiah, gelaran Dies Natalis Fikom Unpad dilanjutkan dengan peluncuran buku karya civitas academica Fikom Unpad, salah satunya adalah karya guru besar Fikom, Prof. Deddy Mulyana, M.A. Ph.D, berjudul “Membongkar Budaya Komunikasi” dari penerbit Rosda. Acara juga dilanjutkan dengan deklarasi dan peresmian ikatan alumni Program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad. Rangkaian acara diakhiri dengan sesi penandatanganan kerja sama di bidang akademik, riset, dan pengabdian kepada masyarakat antara Fikom Unpad dengan Bekraf RI, FISIP UIN Raden Patah Palembang, dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat. * (SL)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu