Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan B 2014 Fikom Unpad Gelar “Enharmonics: A Journey Through Music”

 

enharmonics

JATINANGOR – Mahasiswa Prodi Ilmu Perpustakaan kelas B 2014 Fikom Unpad, Selasa (24/5) menggelar talkshow Enharmonics: A Journey Through Music di Auditorium Bale Santika Kampus Unpad Jatinangor. Dengan tema perkembangan media dalam industri musik Indonesia, acara yang diselenggarakan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Humas Perpustakaan dengan dosen Pembina Dra Neneng Komariah M.Lib dan Uthe Lies Siti Khadijah MSi ini menghadirkan empat orang pembicara, yaitu Budi Rahardjo (Founder Insan Music Store), Sylvan Roderick Mandagi (Music Director Global Radio), Iit Sukmiati (pemilik Omuniuum) dan Fakhri Zakaria (Lokananta Project).

Dalam kesempatan tersebut, Budi Rahardjo memaparkan perkembangan industri musik dan sejarah berdirinya Insan Music Store. Budi yang juga personil sebuah Band berpendapat bahwa bermusik itu bagaikan mengemudikan kendaraan. “Seorang musisi harus ‘melirik spion’ untuk melihat masa lalu dan menjadikannya sebagai pelajaran, namun tetap menatap ke depan dan mempersiapkan masa yang akan datang,” papar Budi.

Lain halnya dengan Budi yang menggeluti toko musik digital, Iit Sukmiati sebagai owner Omuniuum, sebuah toko musik fisik di Bandung juga hadir untuk berbagi pengalamannya dalam merintis usahanya tersebut. Selain menjual album dan merchandise musik, Omuniuum juga menjadi wadah untuk musisi yang ingin merilis album, mengadakan signing session, dan acara musik lainnya. Dalam menjalankan usahanya, yang terpenting adalah menikmati apapun yang kita lakukan, serta selalu dinamis mengikuti perkembangan zaman.

“Untuk jadi sukses, kita tidak boleh stuck di satu titik. Kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman dan selalu menambah pengetahuan kita agar tidak tertinggal” Tambah Iit.

Dihibur dengan penampilan yang memukau dari bintang tamu, yaitu Lily White dan Agi The Soundwave feat Vitha Two Triple O, acara Enharmonics berlangsung cukup meriah. Acara ini disambut dengan antusias oleh para peserta, terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan pada pembicara dalam sesi tanya jawab. (Andini Putri Pamungkas)