Direktur Kesehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan RI Hadiri Seminar SDGs PRO Hima Humas Fikom

 

JATINANGOR – Pada Hari Selasa (18/04/2017) Himpunan Mahasiswa Hubungan Masyarakat (Hima Humas) mengadakan seminar SDGs (Suistanable of Development Goals). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Public Relations Orientation (PRO) 2017. Seminar yang diadakan di Ruang Mestopo Fikom Unpad ini dihadiri oleh dua pembicara, yaitu dr. Imran Agus Nurali Sp. KO sebagai Direktur Kesehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Ade Kadarisman. S.Sos., MT., M.Sc. sebagai Dosen Program Studi Hubungan Masyarakat dan Direktur Tata Kelola Komunikas Publik/Kepala Kantor Internasional Universitas Padjajaran. Acara ini juga dibuka langsung oleh Dekan Fikom Unpad, Dr.Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos, SH, MSi, yang memberikan sambutan dalam kegiatan ini.

Seminar ini dibuka dengan pembahasan mengenai program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yang dilaksanakan seperti prinsip-prinsip dilaksanakannya STBM. STBM pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan program-programnya dan juga membahas sumber air minum keluarga di Indonesia.

“Harusnya dari PAM jangan lagi dari air hujan. Tidak semua BAB di daratan tetapi ada juga masyarakat tepi pantai yang tidak BAB pada tempat yang seharusnya karena wilayah tempat tinggal mereka dekat dengan sumber air. Kita mengembangkan septitenk terapung di Palangkaraya. Sudah aman” begitu yang dikatakan oleh Imran selakuDirektur Kesehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Acara dilanjutkan kembali dengan materi seputar bagaimana seorang Public Relations berperan dalam menghadapi SDGs. Ade Kadarisman mengatakan semua itu berawal dari komitmen dan ia juga mengatakan bahwa Unpad adalah Universitas pertama yang mengembangkan SDGs.

Setiap aktivitas SDGs tidak dihitung biaya, tapi bagaimana masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan untuk membangun itu dan media akan menjadi sangat penting dalam penyampaian atau publikasi program-program PR dalam turut serta dibidang SDGs.

Bapak Ade mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk menjadikan SDGs ini suatu bacaan yang penting di waktu jeda. SDGs ini akan menjadi global isu disekitar tahun 2019-2021 dan akan menjadi highlight. Di fase awal inilah para lulusan komunikasi dan khususnya Humas Fikom Unpad bisa masuk dalam penyampaian program kepada masyarakat dan jadikan media sebagai tools terpenting.

SDGs mempunyai 9 fokus area di Indonesia, yaitu :

  1. Mengakhiri kemiskinan dan ketimpangan dalam segala bentuk
  2. Pendidikan menengah universal yang berkualitas serta penguasaan iptek dan inovasi
  3. Pelayanan kesehatan berkesinambungan yang universal
  4. Pertumbuhan ekonomi inklusif dan kesempatan kerja yang layak
  5. Infrastruktur dasar dan konektivitas
  6. Kota dan perkotaan yang berkelanjutan
  7. Memerangi perubahan iklim beserta dampaknya
  8. Konservasi dan pemanfaatab secara berkelanjutan sumber daya alam, keaneka ragaman hayati, dan sumber daya laut
  9. Institusi dan tata kelola yang baik

Setelah diberikan beberapa materi seputar SDGs dan peran PR mengahadapi SDGs dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kemudian seminar ini ditutup dengan pemberian plakat kepada dua pembicara yang diberikan oleh Abigail Allegra sebagai ketua umum Public Relations Orientation (PRO) 2017. (Maurizka Choirunnisa)

Profil Mahasiswa

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial

February 1, 2017

Bunga Claudya, Aktivis, Juara dan Jiwa Sosial
BUNGA CLAUDYA selain fokus dalam kegiatan akademik, mahasiswa jurusan Jurnalistik Fikom Unpad angkatan 2012 ini serius menggeluti organisasi.

Profil Dosen

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah

January 6, 2017

Hadi Suprapto Arifin, Sukses Berawal dari Rumah
DOSEN Fikom Unpad yang satu ini mudah dikenali dari gaya berpakaiannya yang lain dari yang lain. Pria kelahiran

Profil Alumni

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting

January 19, 2017

Riki Dhanu, Sang Spesialis Jurnalisme Investigasi dan Depth Reporting
SEORANG jurnalis investigasi hadir di tengah-tengah kehidupan jurnalisme bukan sekedar mengungkap kebenaran, tetapi juga sebagai bentuk advokasi. Jurnalis mampu