Disangka Lemah Saat Puasa, Umat Islam Seringkali Digempur

 
Tausiah Ustad Yopi di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad.

Tausiah Ustad Yopi di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad.

JATINANGOR – Orang-orang yang tidak mengerti tentang puasa seringkali punya niat untuk melemahkan umat Islam pada saat bulan Ramadhan. Di jaman Rasulullah, dua kali terjadi penyerbuan terhadap kaum Muslim yang menjadi perang besar, pada saat bulan Ramadhan, namun peperangan tetap dimenangkan oleh umat Islam. Begitu pun penyerangan ke umat Islam Palestina oleh Israel seringkali dilakukan pada saat bulan Ramadhan.

Ustad Yopi mengungkapkan hal itu dalam tausyiah buka bersama dan selamatan para doktor baru Fikom Unpad, Senin (21/7) di auditorium gedung Pascasarjana Fikom Unpad Jatinangor. Acara ini bertemakan “Hikmah Ramadhan dalam Kegiatan Sehari-hari”. Hadir sivitas akademika bersama para pimpinan Fikom Unpad.

Menurut Ustad asal Rancaekek Kab.Bandung ini, puasa itu bukan hanya melatih lapar dan dahaga. Puasa juga melatih aspek-aspek yang lain seperti aspek Sabar. “Betapa dalam bulan Ramadhan umat Islam selalu dilatih untuk bersabar menghadapi masalah apa pun baik masalah besar maupun masalah sepele yang selalu dihadapi sehari-hari” ujar Ustad Yopi.

Ustad Yopi, alumni Universitas Al-Azhar Kairo.

Ustad Yopi, alumni Universitas Al-Azhar Kairo.

Puasa juga melatih orang supaya tetap bersyukur apa pun masalah yang dihadapinya, karena masalah yang muncul itu tidak muncul tanpa campur tangan Allah SWT. “Untung waktu kecopetan dompetnya kosong” Ustad Yopi mencontohkan. Atau, bersyukur mendapat musibah sakit pada saat tengah memiliki uang. Namun banyak orang yang mendapat cobaan tidak pernah bersyukur. Cobaan atau musibah itu bisa berupa waktu, kesehatan, dll.

Puasa juga melatih umat Islam untuk sadar akan hartanya. Islam mengajarkan bahwa harta kekayaan itu datangnya dari Allah SWT dan akan kembali kepada Nya. Pada saat Ramadhan diingatkan agar siapa pun harus selalu memberi kepada orang yang tidak mampu, makanya di ujung Ramadhan orang diwajibkan membayar zakat fitrah.

Pembacaan ayat Suci Alquran.

Pembacaan ayat Suci Alquran.

Puasa pun merupakan ujian jasmaniah, ujian terhadap fisik umat Islam, Namun gelora keislamanan umat Islam bukan melulu berada di perutnya, makanya musuh-musuh Islam sejak jaman Rasaullullah selalu menggempur umat Islam dalam perang besar dilakukan pada saat bulan Ramadhan, tetapi nyatanya umat Islam tidak kalah. Juga gempuran Israel terhadap umat Islam Palestina seringkali dilakukan pada saat Ramadhan. “Para musuh Islam menganggap bahwa bulan Ramadhan adalah saat-saat yang lemah bagi umat Islam, padahal justru sebaliknya”. Ungkap Ustad Yopi. (AA).