Dosen Fikom Unpad Diharapkan memiliki Profil Sitasi Individu

 
Warek-3 Dr Med Setiawan,dr. dalam acara Sosialisasi Profil Sitasi

Warek-3 Dr Med Setiawan,dr. dalam acara Sosialisasi Profil Sitasi

JATINANGOR – Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama, Universitas Padjadjaran, Dr. med. Setiawan, dr, mengharapkan seluruh dosen Fikom Unpad memiliki profil sutasi individu Google Schoolar. Profil sitasi ini untuk menunjukan kepakaran dan memudahkan bagi pihak-pihak yang membutuhkan kepakaran para dosen Fikom Unpad.
Harapan tersebut diungkapkan Setiawan pada acara Sosialisasi dan Praktik pembuatan profil sitasi individu dengan Google Schoolar, Senin (21/7) di kampus Fikom Unpad. Selain para dosen dari seluruh departemen di lingkungan Fikom Unpad, ketua departemen, ketua program, hadir juga Dekan Fikom Unpad Prof.H,Deddy Mulyana MA,PhD, Wakil Dekan 1 Dr.Atwar Bajari serta Wakil Dekan2, Dr.Hj Sussane Dida MM. Acara dibuka dan ditutup oleh Dekan Fikom Unpad.

Menurut Setiawan, jika setiap dosen memiliki profil sitasi sendiri, maka akan memudahkan setiap orang yang mencari kepakaran seorang dosen. Misalkan mahasiswa Pascasarjana sejak hari pertama dia duduk sebagai mahasiswa  sudah bisa mengetahui siapa kira-kira pembimbing atau promotor dari tesis atau disertasi yang akan ditulisnya. Caranya hanya dengan mengetikan bidang keahlian, maka akan keluar nama berikut sejumlah karya ilmiahnya yang tercantum dalam profil sitasi yang dilengkapi pula dengan foto si dosen, departemen serta universitasnya.

Dr.Med.Setiawan,dr

Dr.Med.Setiawan,dr

Selain itu, lanjut Setiawan, orang juga bisa melihat ada berapa banyak orang yang mengklik atau memanfaatkan karya ilmiah yang termuat disitu untuk kepentingan karya ilmiah pihak lain. Semakin banyak jumlahnya semakin kredibel atau tingkat kepakarannya.

Pada kesempatan sosialisasi tersebut, Setiawan langsung mempraktikan bagaimana cara membuat profil sitasi individu dengan Google Schoolar ini. Dengan kepemilikan profil sitasi ini akan meningkatkan kredibiltas individu dosen, departemen, fakultas dan universitas dimana dia berkiprah, bukan hanya lokal tetapi juga global.(AA)