Dosen Fikom Unpad, Dr.Dede Mulkan Raih, KPI Jabar Award 2016

 

dede-mulkan-1-edit

BANDUNG – Dosen Fikom Unpad, Dr.H Dede Mulkan MSi meraih penghargaan lifetime achivement bidang televisi dalam KPID Jabar Award 2016. Dede Mulkan dianggap berjasa dalam bidang pertelevisian nasional dan regional Jawa Barat dalam berbagai kiprah tulisannya yang tersebar di berbagai media

Penghargaan tersebut langsung diterima oleh Dr.Dede Mullkan,MSi dalam acara penganugerahan yang diselenggarakan Sabtu (18/11) lalu di Hotel Grand Panghegar Bandung. Dede Mulkan saat menerima penghargaan tersebut harus dipapah menuju panggung karena yang bersangkutan dalam dua tahun terakhir ini mengalami serangan stroke.

Dede Mulkan lebih dari dua dekade begitu perhatian terhadap siaran televisi di Tanah Air. Dia kerapkali mengkritisi aneka siaran TV yang melanggar isi siaran. Bukan hanya mengkritisi, dia juga seringkali menjadi pembicara dalam seminar dan aneka pelatihan yang  berkaitan dengan dunia televisi. Karena minat dan perehatiannya yang besar baik secara akademis maupun secara praktis, dia pun ditunjuk menjadi Kepala Lab. Televisi di Fikom Unpad. Sejak lama juga ia membuat grup FB yang anggotanya mencapai ribuan orang yang terus mengkritisi dunia pertelevisian.

Penghargaan serupa diterima pula oleh  Demas Korompis untuk bidang Radio Siaran. Demas adalah tokoh peradioan di tingkat Jabar yang dikenal secara nasional karena berbagai kiprahnya di dunia radio sejak tahun 70-an hingga 90-an. Sebelum meninggal, Demas Korompis adalah pimpinan Radio Ganesha Bandung. Penghargaan untuk almarhum Demas diterima oleh istrinya, Dra Nurhartini Korompis, M, yang dikenal sebagai dosen purnabakti dari Jurusan Jurnalistik Fikom Unpad.

Menurut, Ketua panitia KPID Award 2016, Mahi M Hikmat, penganugerahan karya-karya terbaik insan penyiaran di Jawa Barat ini diikuti oleh 80 lembaga penyiaran, masing-masing 58 radio dan 22 stasiun TV. Dari jumlah itu dinilai 183 karya untuk diseleksi oleh tim seleksi. (AA)