Dosen Fikom Unpad Ikuti Training PBL di Belanda

 
Setelah Presentasi

Setelah Presentasi

NETHERLAND – Dr. Hj.Rd Funny Mustikasari Elita , dosen Fikom Unpad selama sebulan (15 Oktober s.d. 15 November) mengikuti kegiatan short term training Problem based Learning (PBL) di Maastricht University Netherland Belanda. Funny berangkat bersama empat dosen lain dari Unpad. Meraka adalah Dr. Ellin Harlia (Fakultas Peternakan), Dr Sugeng Haryanto (Fakultas Ilmu Budaya), Dr Idris (Fakultas Hukum) serta Yana Cahyana PhD (Fakultas Teknik dan Industri Pertanian). Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Unpad dengan IDB untuk program curriculum development.

 

“Selama kegiatan berlangsung kelima orang delegasi Unpad tersebut berdiskusi serta mempraktekkan sistem PBL. Di Universitas Maastricht PBL diperlakukan sebagai suatu sistem pembelajaran bukan sekedar metode pembelajaran” ungkap dosen prodi Manajemen Komunikasi ini.

 

Menurut Funny, banyak hal yang berbeda antara kondisi Maastricht University dengan Unpad. Selain sudah tertatanya kegiatan dalam suatu sistem pembelajaran juga didukung dengan sarana serta prasarana yang memungkinkan mahasiswa belajar secara interaktif dan intensif. Ruangan juga dibuat saling berhadapan antara peserta pembelajar yang berjumlah maksimal untuk 20 orang, Jumlah ini memungkinkan untuk terjalinnya proses diskusi kelompok yang bersifat dua arah antar peserta dimana tutor bersikap reaktif dan mahasiswa yang aktif dan setiap minggu di cek pekerjaan rumahnya serta dikaitkan dengan pengetahuan/informasi sebelumnya.

 

Funny bersama Tim Unpad.

Funny bersama Tim Unpad.

Kegiatan tersebut, lanjut Funny, menjadikan belajar menjadi sesuatu yang berkelanjutan dan mendalam juga kontekstual serta menjadikan pengetahuan dari pembelajar untuk dirinya sendiri dan orang lain. Dengan kata lain kondisi sharing idea dan knowledge ini dijadikan menu utama dalam kegiatan belajar mahasiswa. Inggrid yang merupakan motor penggerak sekaligus organizer dari kegiatan.

Menurut Funny, delegasi Unpad, diikutsertakan dalam proses pembelajaran yang diselenggarakan oleh pihak Maastricht seperti Funny mengikuti proses PBL di diskusi kelompok course Entrepreneurship. Ellin dan Yana mengikuti diskusi kelompok PBL di Course Sustainable development, Sugeng mengikuti diskusi kelompok PBL di course Inl. Strafrecht, Idris mengikuti diskusi kelompok PBL di course International Law.

 

Dari hasil diskusi serta simulasi juga sit in, lanjut Funny, diperoleh gambaran mengenai kegiatan utama yang dilakukan dalam proses PBL yaitu: Problem Task; Discussion task; Study task; Application task; Strategic task.

 

“Dari hasil diskusi antara delegasi Unpad dengan pihak Maastricht University diperoleh gambaran bahwa PBL sebagai suatu sistem pembelajaran juga harus memperhatikan karakteristik dari keilmuan serta kebijakan yang ada di masing-masing universitas” jelas Funny. (FME/AA)