Dosen Nyentrik, Dr. Dede Mulkan, M.Si.

 
Dr. Dede Mulkan, M.Si.

Dr. Dede Mulkan, M.Si.

Pria bertubuh gempal lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Kuningan ini merupakan salah satu dosen bidang Pertelevisian di Departemen Jurnalistik Fikom Unpad. Dede mengampu beberapa mata kuliah, tetapi ia lebih mendalami ilmu di bidang jurnalisme televisi. Ia sudah cukup lama mengajar di Dept Jurnalistik ini. Terhitung sejak tahun 1989 hingga saat ini. Cara mengajarnya bisa dibilang unik. Dengan bahan presentasi sedemikian rupa dan menyetel musik pada saat memberi materi terkadang membuat mahasiswanya tersenyum.

Selain menjadi dosen, Dede pernah menjadi praktisi media. Dede juga sering mengadakan pelatihan-pelatihan singkat tentang media massa, televisi, fotografi, dan kehumasan. Pada saat kuliah, ia rajin mengikuti kegiatan organisasi yang ada di kampus. Setelah lulus dari SMA, Dede melanjutkan studinya ke Fikom Unpad pada 1983.

Pria yang murah senyum ini juga mengajar di beberapa universitas. Selain di Unpad, ia juga tercatat sebagai dosen luar biasa di Universitas Kuningan dan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung. Mata kuliah yang diampunya tidak pernah jauh dari mata kuliah yang membahas tentang televisi, jurnalistik, dan fotografi. Karena minatnya yang besar terhadap dunia televise, berbagai tulisannya yang dimuat di media massa lebih banyak membahas tentang televise. Juga dia pun sibuk hilir mudik menjadi pembicara di berbagai pelatihan dan seminar tentang televisi.

Kepeduliannya terhadap tontonan televisi yang sehat menjadikan tema-tema tulisannya dan bahasannya di berbagai forum. Untuk menyadarkan masyarakat akan tontonan yang sehat ia terus berusaha untuk mencerdaskan khalayak. Dia pun membuat grup facebook “Cerdas Menonton Televisi” dengan anggota ribuan orang.

Beberapa buku pernah ditulis oleh Dede. Di antaranya, Buku Pengantar Ilmu Jurnalistik, Cerdas Nonton Televisi, dan Catatan Sebuah Sudut: Kumpulan Esai  HU. Pikiran Rakyat 86-88. Buku yang terakhir disebut merupakan kumpulan tulisan Dede yang pernah dimuat di HU Pikiran Rakyat pada 1986 sampai dengan 1988. Tulisan-tulisan yang dibuat oleh Dede ketika masih kuliah di Fikom Unpad. Dede kuliah S1 di Jurusan Jurnalistik tahun 1983 dan lulus pada tahun 1988. Sampai sekarang pun Dede masih tetap menulis artikel di berbagai media, khususnya di HU Pikiran Rakyat.

Di Fikom Unpad, saat ini Dede Mulkan menjabat sebagai kepala Pusat Pengembangan Kegiatan dan Kreativitas Mahasiswa (P2K2M) Fikom Unpad, sebuah lembaga pengganti Pembantu Dekan III (PD-3) Bidang Kemahasiswaan yang sejak tahun lalu ditiadakan karena Unpad memiliki organisasasi tata kelola yang baru. Dunia kemahasiswaan baginya bukan barang baru, sebelumnya dia pernah menjadi Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan di Program Ekstensi Fikom Unpad kampus Bandung.

Dede saat ini tinggal di daerah Ujungberung, Bandung, Jawa Barat, bersama seorang istri dan tiga anaknya, dua anak laki-laki dan satu anak perempuan. Ia sudah menjalani bahtera rumah tangganya selama 22 tahun. Walau kegiatannya banyak, Dede tidak pernah melupakan keluarganya. Pasti ada waktu yang ia luangkan untuk keluarganya. Anak sulungnya mengikuti jejaknya untuk mendalami ilmu komunikasi, di almamatermya Fikom Unpad namun sang putra lebih suka terhadap dunia humas padahal Dede sendiri adaaah orang jurnaalistik. (Ronggo Astungkoro)