Dosen Prodi Humas Fikom Unpad, PKM-KKNM di Pangandaran

 
Kegiatan PKM di Desa Bojong dan desa Ciliang kecamatan Parigi. (Foto Humas Fikom)

Kegiatan PKM di Desa Bojong dan desa Ciliang kecamatan Parigi. (Foto Humas Fikom)

JATINANGOR – Dosen Program Studi Hubungan Masyarakat Fikom Unpad melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-KKNM) di Kab Pangandaran, Sabtu, 31 Januari 2015 lalu. Tim PKM-KKNM Integratif Prodi Humas ini terdiri dari 4 (empat) tim dosen. Kegiatan PKM ini diikuti oleh masyarakat umum, ibu PKK, tokoh karang taruna, perangkat desa, tokoh masyarakat, hingga para petani dan tengkulak gula kelapa dengan melibatkan mahasiswa Unpad dari berbagai fakultas yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kab. Pangandaran.

 
Tim yang terdiri dari Dr. Evi Novianti, M.Si, Dr. Suwandi Sumartias, M.Si. dan Aat Ruchiat Nugraha, S.Sos., M.Si yang melaksanakan PKM di desa Margacinta dengan peserta berasal dari para generasi muda desa Margacinta dan desa Kondangjajar kecamatan Cijulang dengan mengambil tema Potensi kearifan lokal dan kelembagaan yang ada pada masyarakat desa dalam hal pemberdayaan.

Sedangkan tim yang diketuai oleh Heru Ryanto Budiana, S.Ag., M.Si, Dr. Nuriyah Sjafirah, M.Si dan Trie Damayanti, S.Sos., M.Si melaksanakan kegiatan PKM yang melibatkan peserta dari masyarakat di desa Bojong dan desa Ciliang kecamatan Parigi dengan tema Kewirausahaan sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat.

Sementara kelompok FX. Ari Agung Prastowo, S.Sos., M.Ikom, Dr. Hanny Hafiar, M.Si dan Centurion C. Priyatna, S.S., M.Si., Ph.D. melaksanakan PKM dengan tema Kewirausahaan sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat di desa Karangmulya dan desa Pasirgeulis kecamatan Padaherang.

Selanjutnya, tim PKM yang keempat yaitu yang ketuai oleh Priyo Subekti, S.Sos., M.Si., Dr. Iriana Bakti, M.Si. dan Dra. Kokom Komariah, M.Si membawakan Pelatihan pengemasan produk hasil home industry di desa Tunggilis kecamatan Kalipucang dengan pesertanya dari kalangan petani gula kelapa.

Kegatan PKM di Desa Margacinta dan Kondangjajar Kecamatan Cijulang

Kegatan PKM di Desa Margacinta dan Kondangjajar Kecamatan Cijulang

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan tinggi dosen Fikom Unpad yang mencakup Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat di wilayah Kab. Pangandaran.

Salah satu rangkaian kegiatan PKM ini adalah sosialisasi mengenai pemberdayaan masyarakat dengan materi potensi kearifan lokal dan kelembagaan yang ada pada masyarakat desa dalam hal pemberdayaan generasi muda, yang disampaikan oleh Dr. Lukiati Komala dan Dr. Nuryah Sjafira. Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Margacinta Edi Supriyadi juga memberikan wejangan dan saran agar kegiatan PKM-KKNM Integratif ini dapat diselenggarakan secara rutin dan berkesinambungan, sehingga konsep-konsep akademisi dapat membumi di wilayah pedesaan dan desa dapat menjadi binaan Unpad secara tetap.

Dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan membantu memecahkan sebagian permasalahan yang ada di masyarakat. Semua pihak berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan di masa mendatang.(Renata Anisa)